MUI Respons Cawe-cawe Jokowi: Mending Fokus Urus Negara

Anwar Abbas menilai cawe-cawe Jokowi menjelang Pemilu 2024 justru tidak memberikan manfaat dibanding mengurusi tugasnya sebagai presiden

Bruno Cirilio
Jum'at, 02 Juni 2023 | 13:46 WIB
MUI Respons Cawe-cawe Jokowi: Mending Fokus Urus Negara
Presiden Joko Wiodo atau Jokowi ((Dok. Biro Setpres))

Wakil Ketua Umum (Waketum) Majelis Ulama Indonesia Anwar Abbas merespons sikap Presiden Joko Widodo yang secara terbuka menyatakan akan cawe-cawe di Pemilu 2024. Jokowi disarankan agar lebih baik fokus urus negara.

"Saya mengimbau kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang telah berbuat untuk negeri ini agar lebih berkonsentrasi penuh bagi menyelesaikan tugasnya," kata Anwar dalam keterangannya, Jumat (2/6/2023).

Anwar juga meminta agar Jokowi jangan menyibukkan diri oleh urusan suksesi kepemimpinan. Mengingat, urusan politik sudah ada aturan mainnya.

"Jangan disibukkan atau tersibukkan oleh urusan suksesi kepemimpinan yang akan berlangsung," sambungnya.

Baca Juga:Periksa Sekjen DPR Indra Iskandar pada Rabu Lalu, KPK Ternyata Usut Kasus Baru

Menurut Anwar, urusan kontestasi politik sudah ada aturan mainnya. Tujuannya agar demokrasi di Indonesia juga tetap terjaga.

"Hal demikian selain sudah ada ketentuan, sistem dan mekanismenya juga agar demokrasi di negeri bisa berjalan baik, lancar dan sehat," tutur Anwar.

Dia menilai cawe-cawe Jokowi menjelang Pemilu 2024 justru tidak memberikan manfaat dibanding mengurusi tugasnya sebagai presiden.

"Karena menempuh jalan dan cara seperti itu  jauh lebih besar maslahat dan manfaatnya bagi kehidupan bangsa dan negara ini ke depannya. Dan berbuat di luar itu tentu lebih besar mudharat dan mafsadatnya," lanjutnya.

Sebelumnya, Jokowi secara terbuka mengumumkan niatnya untuk 'cawe-cawe' demi kemajuan bangsa dan negara, dengan penekanan pada arti positif dari frasa tersebut. Pengumuman tersebut disampaikan dalam pertemuan dengan sejumlah pemimpin redaksi media dan content creator di Istana Negara pada Senin (29/5/2023)

Baca Juga:Rencana Kerja Sama Jabar dan Kota Metropolitan Ulsan Disetujui DPRD

"Meski saya akan cawe-cawe, saya tidak akan melanggar aturan, tidak akan melanggar undang-undang, dan tidak akan mengotori demokrasi," ungkap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, cawe-cawe tersebut berfokus pada Pemilu 2024. Beliau mengemukakan, Indonesia memiliki tenggat waktu 13 tahun untuk bertransformasi menjadi negara maju. Jokowi menekankan pentingnya pemilihan presiden mendatang untuk membawa Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi.

"Untuk bisa mencapai tujuan itu, kita sangat tergantung pada calon presiden di masa depan yang akan mampu membawa Indonesia ke next level. Karena alasan inilah saya akan cawe-cawe," katanya.

Ia juga berharap, pemilu akan berjalan dengan lancar dan tanpa polarisasi.

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak