Jangan Sianggap Remeh, Sepak Terjang Timnas Timor Leste Juga Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023

Selain melawan Timor Leste U-23, Timnas Indonesia U-23 juga akan menghadapi Timnas Malaysia U-23, yang juga termasuk dalam Grup B Piala AFF U-23 2023.

Stefany Meilana
Kamis, 01 Juni 2023 | 10:44 WIB
Jangan Sianggap Remeh, Sepak Terjang Timnas Timor Leste Juga Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023
Pemain Timnas Indonesia U-22 Ramadhan Sananta berselebrasi usai menjebol gawang Thailand pada pertandingan Final Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium [ANTARA]

Timnas Timor Leste U-23 menjadi salah satu lawan yang menarik bagi Timnas Indonesia U-23 dalam fase penyisihan Grup B Piala AFF U-23 2023. Pada acara undian yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube AFF, dipastikan bahwa Timor Leste U-23 akan menjadi lawan tersulit bagi Timnas Indonesia U-23 dalam fase ini. Ajang ini akan diselenggarakan di Thailand, yang juga akan menjadi tuan rumah.

Selain melawan Timor Leste U-23, Timnas Indonesia U-23 juga akan menghadapi Timnas Malaysia U-23, yang juga termasuk dalam Grup B Piala AFF U-23 2023.

Di sisi lain, Grup A akan terdiri dari empat tim, yaitu Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Myanmar. Sementara itu, Grup C akan melibatkan persaingan antara Vietnam, Filipina, dan Laos.

Piala AFF U-23 2023 dijadwalkan akan berlangsung mulai 31 Oktober hingga 12 November 2023 di Thailand. Ini merupakan edisi keempat dari kejuaraan tersebut.

Baca Juga:Yuki Kato Kesulitan Dapat Peran Tak Bisa Bahasa Inggris: Sumpah PR Banget

Timnas Timor Leste U-23 menunjukkan bahwa perkembangan sepak bola di negara tersebut masih tertinggal dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia Tenggara. Hal ini disebabkan oleh sejarah kolonisasi dan invasi yang dialami Timor Leste.

Setelah memperoleh kemerdekaannya pada tahun 2002, Timor Leste mulai mengembangkan dunia olahraga, termasuk sepak bola. Mereka pertama kali mengikuti ajang Piala AFF U-23 pada tahun 2005 di Thailand, namun mereka mengalami kekalahan dalam tiga pertandingan grup melawan Malaysia, Myanmar, dan Filipina.

Pada edisi Piala AFF U-23 berikutnya, pada tahun 2019, penampilan Timor Leste U-23 masih belum mencolok. Namun, pada Piala AFF U-23 2022, mereka berhasil mencapai peringkat ketiga.

Dalam fase grup A, Timor Leste U-23 berhasil meraih dua kemenangan melawan Brunei Darussalam dan Kamboja, serta bermain imbang melawan Filipina. Mereka berhasil melaju ke babak semifinal, tetapi kalah melalui adu penalti melawan Vietnam. Namun, mereka berhasil meraih kemenangan di pertandingan perebutan peringkat ketiga karena lawan mereka, Laos, tidak bisa bertanding karena banyak pemainnya yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Dengan demikian, Timnas Timor Leste U-23 akan menjadi lawan menarik bagi Timnas Indonesia U-23 dalam fase penyisihan Grup B Piala AFF U-23 2023, mengingat sejarah perkembangan dan penampilan mereka dalam turnamen sebelumnya.

Baca Juga:Polda Sulawesi Tengah: Bukan Pemerkosaan, Tapi Kasus Persetubuhan Anak di Bawah Umur

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

BERITA TERKAIT

Bola

Terkini

Tampilkan lebih banyak