Shin Tae-yong Mau Cabut? 4 Pelatih Ini Dianggap Cocok Jadi Nakhoda Baru Timnas Indonesia

Shin Tae-yong mengisyaratkan akan meninggalkan Timnas Indonesia pasca Piala Asia 2023.

Ganta Nakami
Senin, 29 Mei 2023 | 13:06 WIB
Shin Tae-yong Mau Cabut? 4 Pelatih Ini Dianggap Cocok Jadi Nakhoda Baru Timnas Indonesia
Pelatih Utama Timnas Indonesia Shin Tae yong. ([Dokumentasi])

Shin Tae-yong mengisyaratkan kemungkinan hengkang dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Indonesia pasca Piala Asia 2023. Berikut deretan pelatih yang dianggap cocok menggantikan posisinya.

Masa depan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia masih menjadi tanda tanya. Kontraknya diketahui akan berakhir pada 31 Desember 2023.

Namun, PSSI dan Shin Tae-yong telah mencapai kesepakatan bahwa ia setidaknya akan tetap memimpin Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 yang akan digelar di Qatar dari 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Selepas itu, belum diketahui seperti apa nasib Shin Tae-yong. Sang pelatih baru-baru ini pun menegaskan bahwa dia akan menyelesaikan tugas sebagai juru latih Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Baca Juga:CEK FAKTA: Lionel Messi Video Call Jordi Amat Jelang Duel Timnas Indonesia vs Argentina?

“Saya sudah berkomunikasi dengan [Ketua Umum PSSI] Erick Thohir dan saya perlu menyelesaikan kerja yang diberikan kepada saya," kata Shin Tae-yong kepada Naver dikutip Suara.com pada Senin (29/5/2023).

"Saya akan bertugas hingga Piala Asia 2023,” tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut.

Komentar dari Shin Tae-yong telah memunculkan spekulasi mengenai kemungkinan bahwa masa depannya bersama Timnas Indonesia akan segera berakhir. Hal ini juga menjadi perbincangan di media Vietnam dan Malaysia.

Jika Shin Tae-yong benar-benar meninggalkan posisinya, PSSI tentu harus mencari pelatih yang sepadan untuk menggantikan perannya sebagai juru taktik Timnas Indonesia.

Berikut 4 pelatih yang dianggap cocok gantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia usai Piala Asia 2023:

Baca Juga:CEK FAKTA: Timnas Argentina Akan Berikan Trofi Piala Dunia Jika Kalah dari Indonesia

4. Indra Sjafri

Nama Indra Sjafri tengah melambung tinggi pasca membawa Timnas Indonesia U-20 menjuarai SEA Games 2023 untuk membawa pulang medali emas ajang tersebut yang terakhir kali diraih pada 1991.

Indra sejauh ini memiliki prestasi yang cukup mentereng bersama Timnas Indonesia, khususnya di level kelompok umur.

Sebelum medali emas SEA Games 2023, Indra sempat membawa Timnas Indonesia U-19 juara Piala AFF U-19 2013 dan Timnas U-22 juara Piala AFF U-22 2019.

3. Luis Milla

Luis Milla menjadi sosok lain yang dianggap cocok untuk menggantikan Shin Tae-yong. Selain sama-sama memiliki senutuhan pelatih asing, pria yang kini melatih Persib Bandung itu sudah familiar dengan Timnas Indonsia.

Milla pernah menjadi juru taktik Timnas Indonesia dalam kurun waktu satu setengah tahun dari 2017 hingga 2018. Dia memimpjn skuad Garuda di Asian Games 2018 dan mempersembahkan perunggu di SEA Games 2017.

2. Akira Nishino

Akira Nishino bukanlah sosok main-main dalam daftar ini. Pelatih yang menukangi Timnas Jepang di Piala Dunia 2018 itu punya pengalaman segudang sebagai juru latih.

Nama Akira Nishino mencuat sebagai calon pengganti Shin Tae-yong setelah PSSI melakukan kerjasama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) beberapa waktu lalu.

Namun, semenjak itu dia lebih dikaitkan menjadi Direktur Teknik (Dirtek) PSSI untuk menggantikan Indra Sjafri yang belakangan diberikan mandat memegang Timnas Indonesia U-23.

Akira Nishino sendiri saat ini tengah menganggur setelah meninggalkan Timnas Thailand pada 2021.

1. Joachim Loew

Nama terakhir memang masih merupakan spekulasi. Joachim Loew masuk daftar setelah Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut pihaknya akan merekrut Direktur Teknik dari Jerman.

Jika kejadian, bukan tidak mungkin pelatih Timnas Indonesia setelah Shin Tae-yong juga berasal dari Jerman. Nama yang mungkin cocok adalah Joachim Loew.

Joachim Loew saat ini tengah menganggur pasca mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Jerman pada 31 Juli 2021.

Loew adalah sosok sentral dalam kesuksesan timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 2014, kendati selepas itu, Der Panzer terus menerus mengalami penurunan performa.

BERITA TERKAIT

Bola

Terkini

Tampilkan lebih banyak