Meski Jadi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Sulit Gaet Dukungan Warganya, Pengamat: Pemilih di Jawa Barat Dukung Prabowo dan Anies

Ridwan Kamil dinilai akan kesulitan untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar.

Nicolas Sitepu
Senin, 14 November 2022 | 08:20 WIB
Meski Jadi Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Sulit Gaet Dukungan Warganya, Pengamat: Pemilih di Jawa Barat Dukung Prabowo dan Anies
Ridwan Kamil dinilai akan sulit untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar. ([YouTube Mata Najwa])

Deli.suara.com - Sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil digadang-gadanga akan maju sebagai capres maupun cawapres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Bahkan, dalam survey oleh Polmatrix yang rilis pada 29 Oktober 2022, Ridwan Kamil masuk ke jajaran lima besar sebagai capres dengan elektabilitas tinggi.

Akan tetapi, menurut pengamat politik Universitas Al-Azhar, Ujang Komarudin, Ridwan Kamil masih belum layak untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang.

Ujang mengatakan bahwa Ridwan Kamil memang memiliki keuntungan sebagai pemimpin di Jawa Barat. Dengan begitu, otomatis memiliki suara di Jabar, namun bukan yang paling kuat. 

Baca Juga:Raih Predikat Pemimpin Terpopuler di Media Digital, Ridwan Kamil Cocok Maju Pilpres 2024?

“Memang betul Jawa Barat jadi salah satu daerah dengan pemilih terbanyak. Akan tetapi bukan itu faktor kemenangan,” ucapnya mengutip dari Wartaekonomi--jaringan Suara.com

Bahkan Ujang memberikan pernyataan yang mengejutkan, dimana pemilih Jabar justru lebih mendukung ketua umum Gerindra, Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Pemilih di Jawa Barat justru banyak yang mendukung Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,” ucapnya.

Elektabilitas Ridwan Kamil Masih Kalah

Dari hasil survey oleh Polmatrix, elektabilitas Ganjar Pranowo masih menjadi yang tertinggi. Kemudian disusul oleh Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Baca Juga:Momen Saat Ridwan Kamil Beri Saran Kampanye Nyeleneh Untuk Anies: Doakan Suatu Hari Skincare Ditanggung BPJS

“Ganjar, Prabowo, dan Anies bersaing ketat di posisi tiga besar capres dengan elektabilitas masing-masing di atas 20 persen,” kata Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto mengutip dari Antara.

Sementara Ridwan Kamil yang berada di bawah ketiga nama tersebut, dinilai akan mampu untuk maju sebagai cawapres 2024 mendatang.

“Ganjar, Prabowo, dan Anies hampir pasti bakal diusung sebagai capres, sedangkan nama-nama seperti Agus Harimurti Yudhoyono (5,1 persen), Ridwan Kamil (4,7 persen), dan Sandiaga Uno (3,6 persen), harus puas berebut posisi cawapres,” kata Dendik.

News

Terkini

Irfan Widyanto menjadi salah satu terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

News | 08:53 WIB

Dalam kajiannya, krisis yang dihadapi FTX saat ini merupakan buntut dari permasalahan penyalahgunaan pengunaan dana pelanggan yang telah terjadi cukup lama.

Bisnis | 08:34 WIB

Mereka sama-sama berpose seksi untuk memperlihatkan kemolekan tubuh. Lucinta Luna juga membagikan sebuah video pendek saat sedang berjoget bersama Denise Chariesta.

News | 08:25 WIB

"Ketahanan negara itu sangat tergantung pada ketahanan pangan rakyat. Jadi, ini sangat penting," kata legislator yang tengah dirundung proses perceraian oleh istrinya, Anne Ratna Mustika.

News | 08:17 WIB

Elektabilitas Partai NasDem usai mengusung Anies Baswedan diketahui mengalami penurunan yang signifikan.

News | 07:58 WIB

"Rumahnya masih ngontrak, Gucci 10 per bulan, Louis Vuitton 10 per bulan. Apa enggak banyak utangnya?" kata Satria Mulia. "Kayaknya sebelum menikah, Lesti itu sederhana penampilannya.

News | 07:55 WIB

JPU menyebut kekasih Brigadir J, Vera Simanjuntak lebih menarik ketimbang Putri Candrawathi.

News | 07:31 WIB

Anak Ferdy Sambo menyebut sang ayah bucin banget kepada Putri Candrawathi.

News | 07:05 WIB

Dalam info sebelumnya dari PN Serang, sidang akan dilaksanakan Nikita pada pukul 09.00 WIB, dan dilakukan secara terbuka untuk umum di Pengadilan Negeri Serang.

News | 07:04 WIB

Diakui Jessica Iskandar, bahwa tas tersebut sudah lima tahun berada di tangannya. Meski begitu, kondisi masih mulus.

News | 06:03 WIB

Mirisnya, tersangka ayah kandung sudah berkali-kali mencabuli anaknya sendiri selama empat tahun

Metropolitan | 05:38 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Istilah Miras Minuman Rasul tersebar dan berbuntut panjang. Berikut kronologi istilah miras minuman rasul yang bikin sejumlah komedian dipolisikan.

Metropolitan | 18:30 WIB

Bocah SD di Malang yang menjadi korban bullying tak lama lagi akan mendapat keadilan. Sebab kakak kelas yang jadi pelaku akhirnya diperiksa kepolisian.

Metropolitan | 16:36 WIB

Populer tak jadi jaminan para artis ini bebas dari body shaming.

Gosip | 14:05 WIB

Salah satu rumah Nikita Mirzani akan dijual seharga Rp10 miliar.

Gosip | 13:59 WIB

Pernikahan Daus Mini dan Shelvie diduga lagi bermasalah.

Gosip | 13:50 WIB

Perusahaan buatan Raffi Ahmad yaitu RANS Entertainment dipilih menjadi EO di balik penyelenggaraan acara tersebut.

Gosip | 13:10 WIB

Nassar dan Muzdalifah kembali bertemu di acara Pagi-Pagi Ambyar Trans TV, Senin (28/11/2022).3

Gosip | 13:00 WIB
Tampilkan lebih banyak