Apes Banget! Dukung Anies Baswedan Jadi Capres, Elektabilitas NasDem Justru Nyungsep, Pengamat: Diprediksi Tidak Lolos Parlemen

Elektabilitas Partai NasDem usai mengusung Anies Baswedan diketahui mengalami penurunan yang signifikan.

Nicolas Sitepu
Senin, 14 November 2022 | 07:58 WIB
Apes Banget! Dukung Anies Baswedan Jadi Capres, Elektabilitas NasDem Justru Nyungsep, Pengamat: Diprediksi Tidak Lolos Parlemen
(Suara.com/Novian)

Deli.suara.com - Partai NasDem secara resmi mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024 beberapa waktu yang lalu. 

Dengan dukungan publik yang begitu besar, diharapkan Anies bisa membantu mendongkrak elektabilitas Partai NasDem. 

Bukannya ketiban untung, NasDem justru harus menelan pil pahit usai mengusung Anies. Misalnya dalam survey yang dilakukan Polmatrix Indonesia, elektabilitas Partai NasDem mengalami penurunan.

Bahkan penurunannya hingga ambang batas parlemen 4 persen, dari 5,1 persen pada survei Polmatrix, 11—20 Maret 2022, menjadi 3,8 persen.

Baca Juga:China Jadi Biang Kerok Amblesnya Harga Minyak Dunia

"Setelah mengusung Anies sebagai salah satu capres (calon presiden), elektabilitas Nasdem merosot hingga di bawah ambang batas parlemen," ucap Direktur Eksekutif Polmatrix Indonesia Dendik Rulianto dalam keterangan pers di Jakarta, dikutip dari suara.com.

Presiden Jokowi Tidak Hadir di HUT Partai NasDem yang ke-11

Pada saat perayaan HUT Partai NasDem yang ke-11, Presiden Jokowi diketahui tidak hadir dalam acara tersebut. Bahkan Jokowi diketahui tidak memberi ucapan untuk mewakili ketidak hadirannya.

Menurut Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama, Ari Junaedi, Presiden Jokowi ada yang kurang sesuai dengan langkah NasDem dalam mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024.

"Ini rangkaian panjang penyebab Jokowi tidak hadir di HUT NasDem," katanya dikutip dari Kanal Youtube Official iNews pada Minggu, (13/11/2022).

Baca Juga:Usai Menang Tiba Tiba Tenis, Enzy Storia Bilang I Love You pada Seseorang di Amerika, Molen Kasetra?

Lebih lanjut, pengusungan Anies Baswedan tidak memberikan keuntungan bagi Partai NasDem. Dia melihat bahwa elektabilitas NasDem justru mengalami penurunan drastis.

"Beberapa lembaga survei memprediksi NasDem tidak akan lolos parlemen di pemilu 2024. Ini alarm NasDem," tutur dia.

Meski tidak dihadiri oleh Presiden Jokowi saat perayaan HUT ke-11, Surya Paloh bertekad untuk tetap berada disisi Jokowi.

"NasDem ingin tekankan, kami tetap jadi sahabat Jokowi dalam dalam suka dan duka. Ini klarifikasi jelas dalam HUT kita yang ke-11," ungkap Paloh di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, dikutip dari WartaEkonomi.co.id -- jaringan Suara.com, Sabtu (12/11/2022).

News

Terkini

Irfan Widyanto menjadi salah satu terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

News | 08:53 WIB

Dalam kajiannya, krisis yang dihadapi FTX saat ini merupakan buntut dari permasalahan penyalahgunaan pengunaan dana pelanggan yang telah terjadi cukup lama.

Bisnis | 08:34 WIB

Mereka sama-sama berpose seksi untuk memperlihatkan kemolekan tubuh. Lucinta Luna juga membagikan sebuah video pendek saat sedang berjoget bersama Denise Chariesta.

News | 08:25 WIB

Ridwan Kamil dinilai akan kesulitan untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar.

News | 08:20 WIB

"Ketahanan negara itu sangat tergantung pada ketahanan pangan rakyat. Jadi, ini sangat penting," kata legislator yang tengah dirundung proses perceraian oleh istrinya, Anne Ratna Mustika.

News | 08:17 WIB

"Rumahnya masih ngontrak, Gucci 10 per bulan, Louis Vuitton 10 per bulan. Apa enggak banyak utangnya?" kata Satria Mulia. "Kayaknya sebelum menikah, Lesti itu sederhana penampilannya.

News | 07:55 WIB

JPU menyebut kekasih Brigadir J, Vera Simanjuntak lebih menarik ketimbang Putri Candrawathi.

News | 07:31 WIB

Anak Ferdy Sambo menyebut sang ayah bucin banget kepada Putri Candrawathi.

News | 07:05 WIB

Dalam info sebelumnya dari PN Serang, sidang akan dilaksanakan Nikita pada pukul 09.00 WIB, dan dilakukan secara terbuka untuk umum di Pengadilan Negeri Serang.

News | 07:04 WIB

Diakui Jessica Iskandar, bahwa tas tersebut sudah lima tahun berada di tangannya. Meski begitu, kondisi masih mulus.

News | 06:03 WIB

"Disuruh istri, Ganti gaya rambut mulai bulan depan," tulis Ridwan Kamil.

Metropolitan | 14:57 WIB

Meskipun terdapat peraturan yang berubah, namun tidak ada perubahan terhadap Harga Air Baku.

Metropolitan | 14:30 WIB

Mirisnya, tersangka ayah kandung sudah berkali-kali mencabuli anaknya sendiri selama empat tahun

Metropolitan | 05:38 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Meski sudah ditetapkan jadi tersangka, penghina Dewi Perssik tidak ditahan.

Gosip | 15:28 WIB

Melalui unggahan di media sosial Instagram pribadinya, Gisel menyebut bahwa sang putri dilarikan ke Poli Anak.

Gosip | 15:25 WIB

Denise Chariesta mengancam akan membongkar atau menceritakan pengalamannya dengan Deddy Corbuzier dalam "Da Tau" series.

Gosip | 15:14 WIB

Saking paniknya saat gempa Cianjur, istri Dede Inoen lupa memakai hijab saat menyelamatkan diri.

Gosip | 14:52 WIB

Mari intip potret mesra Vincent Raditya dan istri barunya yang masih muda.

Gosip | 14:45 WIB
Tampilkan lebih banyak