Sabda Tuhan hari Minggu Biasa ke-32, 13 November 2022 "PANGGILAN UNTUK BERTAHAN"

Di dalam masa bertahan itu, kita mesti mampu bekerja demi tercapainya keselamatan yang sudah dijanjikan Tuhan Yesus Kristus kepada kita. Bertahan dalam kekosongan adalah sebuah kebodohan.

Steven Bangun
Minggu, 13 November 2022 | 10:38 WIB
Sabda Tuhan hari Minggu Biasa ke-32, 13 November 2022 "PANGGILAN UNTUK BERTAHAN"
ist

Deli.suara.com - Tema renungan kita pada hari ini ialah: Panggilan Untuk Bertahan. Ada pertengkaran besar sedang terjadi di dalam keluarga. Awalnya dari salah paham suami dan istri. 

Karena masing-masingnya tidak saling menerima, yang satu mengancam yang lainnya untuk keluar dari rumah. Suami bersiap untuk keluar dari rumah. Tetapi pada saat yang sama, istri juga bersiap untuk keluar. 

Anak-anak semuanya menangis dan melawan keinginan orang tua yang mau keluar dari rumah. Mereka berusaha mencegahnya. Anak sulung ditemani dua adiknya berdiri di pintu untuk menghalangi bapak atau ibunya pergi dari rumah.

Karena begitu serunya usaha ketiga anak, akhirnya kedua orang tua mereka membatalkan keinginan keluar dari rumah. 

Baca Juga:Dewi Perssik Lanjutkan Proses Hukum Wanita Penghinanya yang Diduga Fans Leslar, Warganet: Artis yang Dibela Gak Peduli, Lagi Tidur-tiduran

Kejadian di dalam keluarga ini sebenarnya menggambarkan dua hal penting yang menjadi penentu nasib keluarga tersebut: melarikan diri dari masalah atau bertahan untuk menghadapi dan mengatasinya. Pilihan yang diambil menunjukkan kualitas manusianya. 

Ada begitu banyak masalah dan kesulitan yang kita hadapi. Injil pada hari ini justru menggambarkan sejumlah masalah besar, rumit dan sangat menakutkan. 

Dua pilihan itu senantiasa menantang kita untuk dapat memilih yang terbaik. Untuk yang terbaik, Yesus Kristus memerintahkan kita memilih untuk bertahan. 

Ia sendiri sudah memberikan kita contoh, yaitu diri-Nya sendiri yang bertahan sampai akhir hidup-Nya, persis ketika di atas salib Ia berseru sebelum menghembuskan nafas terakhir: "Sudah selesai".

Tuhan Yesus sungguh meminta kita untuk bertahan, apa pun keadaannya, kapan pun waktunya. 

Baca Juga:Hasto PDIP Tak Terima Anies dkk Dibandingkan dengan Soekarno-Hatta-Sjahrir, Ini Semprotan Demokrat

Tujuan kita bertahan adalah supaya kita selamat. Ada beberapa sarana pendukung yang membantu kita untuk bertahan. 

Pertama adalah janji akan datangnya hari Tuhan. Jika tidak ada suatu janji sebagai pegangan, apalagi yang menjanjikan ialah Tuhan sendiri seperti yang diamanatkan oleh nubuat  Maleakhi, orang tidak memiliki alasan untuk bertahan. 

Kedua, menurut Mazmur tanggapan hari ini, perwujudan janji menjadi sangat penting. 

Setiap orang menjadi pasti tentang nasibnya, yaitu ditentukan oleh pengadilan terakhir apakah seseorang itu layak atau tidak layak masuk di dalam kerajaan surga.

Ketiga ialah kemampuan mengisi waktu selama bertahan dengan sikap tenang, penuh kesabaran, dan tetap bekerja bagi penyelesaian masalah-masalah yang kita dihadapi. 

Mungkin masalah itu menyangkut pekerjaan yang tidak beres, kebutuhan dasar yang tidak cukup atau masalah kehidupan lainnya. 

Di dalam masa bertahan itu, kita mesti mampu bekerja demi tercapainya keselamatan yang sudah dijanjikan Tuhan Yesus Kristus kepada kita. Bertahan dalam kekosongan adalah sebuah kebodohan.

Marilah kita berdoa. 

Dalam nama Bapa ... Ya Bapa, semoga dengan perayaan hari Minggu ini, kami Engkau penuhi dengan semangat untuk bertahan. Bapa kami yang ada di Surga ... Dalam nama Bapa ...

oleh: Hendry dan Pater Peter SDB dari Komunitas Pukat Labuan Bajo, Keuskupan Ruteng

Lifestyle

Terkini

Elektabilitas Ridwan Kamil kalahkan Ganajr, Prabowo hingga Anies di Jawa Barat.

News | 08:46 WIB

Pengamat politik Refly Harun berpendapat dengan bersatunya Anies dan Puan akan mempersatukan arus kanan dan kiri.

News | 08:29 WIB

Irma Hutabarat menduga ada WA skenario di kalangan anak buah Ferdy Sambo sebelum memberikan kesaksian.

News | 07:48 WIB

Narasi Pelecehan dan Kepribadian Ganda Brigadir J dinilai bisa menjadi boomerang bagi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

News | 07:21 WIB

Adzan Romer membeberkan momen saat Ferdy Sambo ajak Putri Candrawathi keluar rumah usai Brigadir J terbunuh.

News | 07:05 WIB

Irfan Widyanto menjadi salah satu terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

News | 08:53 WIB

Dalam kajiannya, krisis yang dihadapi FTX saat ini merupakan buntut dari permasalahan penyalahgunaan pengunaan dana pelanggan yang telah terjadi cukup lama.

Bisnis | 08:34 WIB

Mereka sama-sama berpose seksi untuk memperlihatkan kemolekan tubuh. Lucinta Luna juga membagikan sebuah video pendek saat sedang berjoget bersama Denise Chariesta.

News | 08:25 WIB

Ridwan Kamil dinilai akan kesulitan untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar.

News | 08:20 WIB

"Ketahanan negara itu sangat tergantung pada ketahanan pangan rakyat. Jadi, ini sangat penting," kata legislator yang tengah dirundung proses perceraian oleh istrinya, Anne Ratna Mustika.

News | 08:17 WIB

Mirisnya, tersangka ayah kandung sudah berkali-kali mencabuli anaknya sendiri selama empat tahun

Metropolitan | 05:38 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Istilah Miras Minuman Rasul tersebar dan berbuntut panjang. Berikut kronologi istilah miras minuman rasul yang bikin sejumlah komedian dipolisikan.

Metropolitan | 18:30 WIB

Bocah SD di Malang yang menjadi korban bullying tak lama lagi akan mendapat keadilan. Sebab kakak kelas yang jadi pelaku akhirnya diperiksa kepolisian.

Metropolitan | 16:36 WIB

Komika bernama Kukuh kini disorot karena video lawas obrolannya dengan Denise kembali ramai.

Gosip | 11:39 WIB

Ikatan antara Rayyanza dengan pengasuhnya menjadi sorotan ketika cara ulang tahun, sebab ikut menangis ketika susternya bersedih memberikan doa dan harapan.

Gosip | 11:26 WIB

Dia memang mengidolakan sosok Cristiano Ronaldo.

Gosip | 11:18 WIB

Song Joong Ki datang ke Indonesia sebagai brand ambassador produk Scarlett milik Felicya Angelista.

Gosip | 10:38 WIB

Agama Gilang Bhaskara menuai atensi publik.

Gosip | 10:10 WIB
Tampilkan lebih banyak