Analis Prediksi Harga Bitcoin Terus Merosot, Menuju US$16.000

Analisis tersebut berdasarkan data sejak hari Minggu (6 November), harga Bitcoin merosot, yang kian didorong oleh sentimen buruk dari bursa kripto FTX pasca Binance mengumumkan akan melikuidasi kepemilikan token FTT mereka.

Steven Bangun
Jum'at, 11 November 2022 | 13:32 WIB
Analis Prediksi Harga Bitcoin Terus Merosot, Menuju US$16.000
bitcoin. (ist)

Deli.suara.com - Harga kripto wahid, Bitcoin masih berpotensi alami penurunan, demikian analis veteran dan terkemuka di Twitter, Peter Brandt. Sebagaimana dilansir dari laporan U Today.

Analisis tersebut berdasarkan data sejak hari Minggu (6 November), harga Bitcoin merosot, yang kian didorong oleh sentimen buruk dari bursa kripto FTX pasca Binance mengumumkan akan melikuidasi kepemilikan token FTT mereka.

Kepanikan dan ketakutan tercipta di pasar, membawa gelombang jual tajam yang membawa harga BTC turun menjauh dari US$20.000 menuju US$16.000.

Berdasarkan historis pasar BTC, harga “telah terbiasa” jatuh sekitar 80 sampai 90 persen sebelum kembali bangkit dan reli untuk mencetak tertinggi sepanjang masa (ATH) baru.

Baca Juga:Gelar Festival Swadaya, Gojek Palembang Hibur Dan Apresiasi Para Mitra

Menarik dasar analisis teknikal tersebut, Brandt melihat harga Bitcoin berpotensi turun lagi mencapai US$13.800, jika mengalami penurunan 80 persen, dan mencapai US$10.350, jika mengalami penurunan 85 persen dari ATH terbaru.

Selain Brandt, analis dari JPMorgan pun melihat adanya peluang penurunan harga Bitcoin ke US$13.000 karena sentimen jual beberapa hari terakhir, didukung oleh masalah di FTX, yang memicu aksi jual masif karena investor merasa sangat ketakutan.

“Apa yang membuat fase baru deleveraging kripto yang disebabkan oleh runtuhnya Alameda Research dan FTX jadi lebih bermasalah adalah bahwa jumlah entitas dengan neraca yang lebih kuat, yang mampu menyelamatkan mereka yang memiliki modal rendah dan leverage tinggi, [telah] menyusut dalam ekosistem kripto,” ujar Pemimpin tim analis di JPMorgan, Nikolaos Panigirtzoglou, dilansir dari Market Watch.

Namun, pandangan negatif dari beberapa analis di atas tampak telah coba dipatahkan oleh investor kripto saat data inflasi AS telah rilis.

The Block melaporkan bahwa, harga Bitcoin dan Ether (ETH) telah naik saat data inflasi AS turun ke 7,7 persen, lebih rendah dari ekspektasi pengamat.

Baca Juga:Tak Ingin Insiden Atap Roboh di SD Muhammadiyah Bogor Terulang, Ini Langkah yang Diambil Pemkot Yogyakarta

Data tersebut mengindikasikan bahwa The Fed kemungkinan tidak akan agresif dalam menaikkan suku bunga di bulan ini, sehingga selera risiko mulai tumbuh, uang besar mulai melirik kripto kembali.

“Pedagang suku bunga sekarang memperkirakan peluang 80 persen dari kenaikan 50 basis poin pada pertemuan Desember,” ungkap alat FedWatch CME.

Finbold melaporkan bahwa, berkat data inflasi yang merosot, kapitalisasi pasar Bitcoin kembali meningkat, mendapatkan tambahan US$15 milyar hanya dalam waktu 15 menit saja. Pasar aset digital mulai bersuka cita sejak Kamis malam (10 November). [BAB]

Bisnis

Terkini

Elektabilitas Ridwan Kamil kalahkan Ganajr, Prabowo hingga Anies di Jawa Barat.

News | 08:46 WIB

Pengamat politik Refly Harun berpendapat dengan bersatunya Anies dan Puan akan mempersatukan arus kanan dan kiri.

News | 08:29 WIB

Irma Hutabarat menduga ada WA skenario di kalangan anak buah Ferdy Sambo sebelum memberikan kesaksian.

News | 07:48 WIB

Narasi Pelecehan dan Kepribadian Ganda Brigadir J dinilai bisa menjadi boomerang bagi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

News | 07:21 WIB

Adzan Romer membeberkan momen saat Ferdy Sambo ajak Putri Candrawathi keluar rumah usai Brigadir J terbunuh.

News | 07:05 WIB

Irfan Widyanto menjadi salah satu terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

News | 08:53 WIB

Mereka sama-sama berpose seksi untuk memperlihatkan kemolekan tubuh. Lucinta Luna juga membagikan sebuah video pendek saat sedang berjoget bersama Denise Chariesta.

News | 08:25 WIB

Ridwan Kamil dinilai akan kesulitan untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar.

News | 08:20 WIB

"Ketahanan negara itu sangat tergantung pada ketahanan pangan rakyat. Jadi, ini sangat penting," kata legislator yang tengah dirundung proses perceraian oleh istrinya, Anne Ratna Mustika.

News | 08:17 WIB

Elektabilitas Partai NasDem usai mengusung Anies Baswedan diketahui mengalami penurunan yang signifikan.

News | 07:58 WIB

Mirisnya, tersangka ayah kandung sudah berkali-kali mencabuli anaknya sendiri selama empat tahun

Metropolitan | 05:38 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Istilah Miras Minuman Rasul tersebar dan berbuntut panjang. Berikut kronologi istilah miras minuman rasul yang bikin sejumlah komedian dipolisikan.

Metropolitan | 18:30 WIB

Bocah SD di Malang yang menjadi korban bullying tak lama lagi akan mendapat keadilan. Sebab kakak kelas yang jadi pelaku akhirnya diperiksa kepolisian.

Metropolitan | 16:36 WIB

Pernikahan Daus Mini dan Shelvie diduga lagi bermasalah.

Gosip | 13:50 WIB

Perusahaan buatan Raffi Ahmad yaitu RANS Entertainment dipilih menjadi EO di balik penyelenggaraan acara tersebut.

Gosip | 13:10 WIB

Nassar dan Muzdalifah kembali bertemu di acara Pagi-Pagi Ambyar Trans TV, Senin (28/11/2022).3

Gosip | 13:00 WIB

Aktor tampan Herjunot Ali tengah menggebu-gebu di media sosial Instagram pribadinya.

Gosip | 12:45 WIB

Nikita Mirzani menceritakan kegiatannya di dalam rutan yang sering mengaji, salat, olahraga hingga jarang terkena matahari sehingga wajahnya lebih bersinar.

Gosip | 12:40 WIB
Tampilkan lebih banyak