Ini Tips Pola Makanan Sehat agar Fisik Kuat a la Shin Tae-yong

Menurut Tae-yong, makanan merupakan musuh dalam selimut yang bisa membuat fisik pemain menjadi lemas dan tidak kuat bermain dalam dua babak atau lebih.

Steven Bangun
Kamis, 10 November 2022 | 09:50 WIB
Ini Tips Pola Makanan Sehat agar Fisik Kuat a la Shin Tae-yong
shin tae yong. (ist.)

Deli.suara.com - Pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong pernah dipuji atas keberhasilan menempa para pemain sehingga memiliki fisik kuat. Tentu kita juga hendak tahu bagaimana tips pola makanan sehat arahan Shin Tae-yong untuk memiliki fisik yang kuat.

Menurut Tae-yong, makanan merupakan musuh dalam selimut yang bisa membuat fisik pemain menjadi lemas dan tidak kuat bermain dalam dua babak atau lebih.

Tips Pola Makanan Sehat agar Fisik Kuat

Soal makan, menurut Shin Tae-yong, pemain Indonesia umumnya suka makanan gorengan, tapi mereka kurang mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan lebih banyak makan makanan yang tinggi karbohidrat sehingga gampang membuat fisik mereka menjadi lemah.

Baca Juga:Benarkah Ada Air Terjun Jatuh di Langit Bekasi? Begini Faktanya

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjadikan fisik kuat secara alami. Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan.

Daripada harus menanggung berbagai masalah kesehatan akibat penggunaan obat penambah stamina, lebih baik mulailah mengatur pola makan sehat agar stamina Anda tetap prima.

Beberapa cara mengatur pola makan agar fisik tetap kuat adalah:

1. Jangan lewatkan sarapan

Memulai aktivitas tentu membutuhkan energi. Nah, energi ini diperolah dari sarapan Anda setiap pagi. Jika Anda melewatkan sarapan, otomatis tubuh Anda tidak memiliki cukup energi dan stamina.

Baca Juga:Pertempuran Besar Surabaya Tanggal 10 November 1945 yang Kemudian Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan

Agar Anda tetap berenergi saat menjalani aktivitas, sebaiknya jangan lupakan sarapan di pagi hari. Beberapa menu sarapan penambah energi yang bisa Anda coba adalah bubur, telur dadar, bubur, roti, atau oatmeal.

2. Mengonsumsi karbohidrat

Karbohidrat terbaik untuk menambah stamina dan energi Anda adalah karbohidrat kompleks.

Karbohidrat jenis ini memiliki rantai gula yang lebih panjang, sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna.

Alhasil, Anda pun akan merasa berstamina dan berenergi lebih lama. Makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayuran.

3. Makan secara teratur

Dengan makan secara teratur setiap hari, tubuh akan terbiasa menerima makanan di jam yang sama. Hal ini dapat membantu tubuh Anda untuk mempertahankan energy di sela waktu makan.

Biasakan makan 3 kali sehari, diselingi 2 kali makan makanan selingan. Pilih makanan yang sehat, misalnya yang termasuk ke dalam makanan fungsional. Selain itu, batasi makanan selingan yang tinggi gula dan lemak.

4. Penuhi kebutuhan zat besi

Kekurangan zat besi dapat membuat Anda merasa lelah, bahkan bisa sampai pingsan. Agar stamina tetap prima, penuhi kebutuhan zat besi Anda dengan mengonsumsi daging merah, sayuran hijau, hati sapi, hati ayam, atau kerang dalam jumlah yang cukup.

5. Perhatikan asupan cairan

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab stamina Anda menurun.

Agar stamina tetap terjaga, penuhilah asupan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari.

6. Batasi makanan yang mengandung gula

Gula memang dapat berubah menjadi energi di dalam tubuh. Sayangnya, energi dan stamina yang dihasilkan dari gula tidak bisa bertahan lama. Tubuh Anda pun akan cepat memerlukan asupan energi lagi dalam waktu singkat.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula juga bisa membuat Anda cepat gemuk. Oleh karena itu, batasi konsumsi gula dan makanan-makanan yang mengandung banyak gula, seperti kue, permen, dan cokelat.

Demikian tips pola makanan sehat arahan Shin Tae-yong agar memiliki fisik kuat. Selain menerapkan pola makan sehat, Anda juga butuh istirahat yang cukup dan olahraga secara rutin untuk mendapat fisik yang kuat.

Shin Tae-yong tengah ramai dibincangkan di jagat maya. Pasalnya dia hendak meninggalkan kursi kepelatihan Timnas Indonesia jika Ketum PSSI, Mochamad Iriawan mundur.

Jika Shin Tae-yong pergi jelas akan menjadi kerugian yang amat besar untuk skuad Garuda karena ia sudah melatih tim tersebut dengan baik. [BAB]

Lifestyle

Terkini

Elektabilitas Ridwan Kamil kalahkan Ganajr, Prabowo hingga Anies di Jawa Barat.

News | 08:46 WIB

Pengamat politik Refly Harun berpendapat dengan bersatunya Anies dan Puan akan mempersatukan arus kanan dan kiri.

News | 08:29 WIB

Irma Hutabarat menduga ada WA skenario di kalangan anak buah Ferdy Sambo sebelum memberikan kesaksian.

News | 07:48 WIB

Narasi Pelecehan dan Kepribadian Ganda Brigadir J dinilai bisa menjadi boomerang bagi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

News | 07:21 WIB

Adzan Romer membeberkan momen saat Ferdy Sambo ajak Putri Candrawathi keluar rumah usai Brigadir J terbunuh.

News | 07:05 WIB

Irfan Widyanto menjadi salah satu terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

News | 08:53 WIB

Dalam kajiannya, krisis yang dihadapi FTX saat ini merupakan buntut dari permasalahan penyalahgunaan pengunaan dana pelanggan yang telah terjadi cukup lama.

Bisnis | 08:34 WIB

Mereka sama-sama berpose seksi untuk memperlihatkan kemolekan tubuh. Lucinta Luna juga membagikan sebuah video pendek saat sedang berjoget bersama Denise Chariesta.

News | 08:25 WIB

Ridwan Kamil dinilai akan kesulitan untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar.

News | 08:20 WIB

"Ketahanan negara itu sangat tergantung pada ketahanan pangan rakyat. Jadi, ini sangat penting," kata legislator yang tengah dirundung proses perceraian oleh istrinya, Anne Ratna Mustika.

News | 08:17 WIB

"Disuruh istri, Ganti gaya rambut mulai bulan depan," tulis Ridwan Kamil.

Metropolitan | 14:57 WIB

Meskipun terdapat peraturan yang berubah, namun tidak ada perubahan terhadap Harga Air Baku.

Metropolitan | 14:30 WIB

Mirisnya, tersangka ayah kandung sudah berkali-kali mencabuli anaknya sendiri selama empat tahun

Metropolitan | 05:38 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Meski sudah ditetapkan jadi tersangka, penghina Dewi Perssik tidak ditahan.

Gosip | 15:28 WIB

Melalui unggahan di media sosial Instagram pribadinya, Gisel menyebut bahwa sang putri dilarikan ke Poli Anak.

Gosip | 15:25 WIB

Denise Chariesta mengancam akan membongkar atau menceritakan pengalamannya dengan Deddy Corbuzier dalam "Da Tau" series.

Gosip | 15:14 WIB

Saking paniknya saat gempa Cianjur, istri Dede Inoen lupa memakai hijab saat menyelamatkan diri.

Gosip | 14:52 WIB

Mari intip potret mesra Vincent Raditya dan istri barunya yang masih muda.

Gosip | 14:45 WIB
Tampilkan lebih banyak