5 Cara Alami untuk Mengobati Kesemutan Tangan Kanan

Sakit kesemutan tangan kanan dalam istilah medis disebut paresthesia merupakan kondisi di mana anggota tubuh mengalami sensasi panas, geli, atau kebas yang diikuti dengan rasa seperti ditusuk-tusuk jarum.

Binalam Charo
Kamis, 10 November 2022 | 09:48 WIB
5 Cara Alami untuk Mengobati Kesemutan Tangan Kanan
kesemutan tangan kanan. (merdeka)

Deli.suara.com - Kesemutan di tangan kanan tidak bisa dianggap sepele. Berikut cara alami untuk mengobati kesemutan pada tangan kanan.

Sakit kesemutan tangan kanan dalam istilah medis disebut paresthesia merupakan kondisi di mana anggota tubuh mengalami sensasi panas, geli, atau kebas yang diikuti dengan rasa seperti ditusuk-tusuk jarum.

Kondisi ini biasanya terjadi karena saraf-saraf di bagian tubuh tertentu tertekan dalam waktu yang cukup lama, sehingga aliran listrik pada saraf tersebut terhambat. Selain karena penekanan saraf, kesemutan pada tangan kanan atau bagian tubuh lainnya juga bisa disebabkan oleh suatu penyakit.

Cara Alami Mengobati Kesemutan Tangan Kanan

Baca Juga:Benarkah Ada Air Terjun Jatuh di Langit Bekasi? Begini Faktanya

Banyak sekali penyebab terjadinya kesemutan pada tangan kanan, beberapa di antaranya berkaitan dengan masalah kesehatan saraf.

Berikut beberapa cara alami untuk mengurangi sensasi kesemutan yang kamu rasakan.

Pijat Terapi

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan terapi pijat. Penanganan ini bekerja cukup baik dalam mengurangi sensasi kesemutan yang konstan pada tangan dan kaki. Pijat sendiri akan merangsang saraf, membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan mengembalikan fungsi saraf normal, sehingga menjadi fasilitator untuk menjaga saraf tetap sehat.

Menggunakan Minyak Esensial

Baca Juga:Pertempuran Besar Surabaya Tanggal 10 November 1945 yang Kemudian Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan

Minyak esensial memiliki efek positif yang diyakini mampu membantu meringankan kondisi yang berkaitan dengan masalah neurologis, seperti kesemutan pada tangan dan kaki. Minyak ini dibuat dengan sifat antiinflamasi dan analgesik kuat yang membantu mengurangi nyeri pada saraf dan memperbaiki kerusakan saraf.

Pijat secara teratur dengan menggunakan minyak ini diyakini bisa membantu memperbaiki kerusakan saraf dan mengembalikan fungsi saraf. Pilih minyak esensial lavender, tuang 10–12 tetes, tambahkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan dan pijat dengan lembut pada area yang mengalami kesemutan. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cuka Apel

Efek anti-inflamasi yang kuat dan kandungan asam asetat dalam cuka sari apel membantu memulihkan dan memperbaiki saraf yang rusak. Selain itu, kekayaan nutrisi penting dalam cuka apel juga membantu meningkatkan energi dan mempercepat proses pemulihan. Coba tambahkan sebanyak satu sendok teh cuka apel dan campurkan dengan segelas air hangat, lalu tambahkan madu dan minum sekali sehari.

Menggunakan Garam Epsom

Garam epsom mengandung sejumlah besar magnesium yang membantu menurunkan peradangan dalam tubuh. Garam ini bekerja secara aktif dengan memulihkan saraf yang terkena dan meradang yang menyebabkan sensasi kesemutan. Cara menggunakannya juga tidak sulit, kok.

Tambahkan secangkir garam epsom ke dalam ember atau bak yang telah terisi air, lebih baik air hangat. Lalu, berendamlah selama sekitar 15 hingga 20 menit. Lakukan sehari sekali untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga kesemutan pun bisa dikurangi.

Kompres Hangat

Kompres Hangat menjadi cara terbaik untuk membantu memperbaiki sekaligus meningkatkan sirkulasi darah pada bagian tangan atau kaki yang mengalami kesemutan. Letakkan kain handuk yang sudah kamu rendam dengan air hangat selama sekitar lima hingga tujuh menit pada bagian tubuh yang mengalami kesemutan. Ulangi sebanyak tiga kali dalam sehari.

Nah, itu tadi beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengobati dan mengurangi sensasi kesemutan pada tangan kanan. Jika tidak membaik, segera lakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. [BIN]

Lifestyle

Terkini

Elektabilitas Ridwan Kamil kalahkan Ganajr, Prabowo hingga Anies di Jawa Barat.

News | 08:46 WIB

Pengamat politik Refly Harun berpendapat dengan bersatunya Anies dan Puan akan mempersatukan arus kanan dan kiri.

News | 08:29 WIB

Irma Hutabarat menduga ada WA skenario di kalangan anak buah Ferdy Sambo sebelum memberikan kesaksian.

News | 07:48 WIB

Narasi Pelecehan dan Kepribadian Ganda Brigadir J dinilai bisa menjadi boomerang bagi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

News | 07:21 WIB

Adzan Romer membeberkan momen saat Ferdy Sambo ajak Putri Candrawathi keluar rumah usai Brigadir J terbunuh.

News | 07:05 WIB

Irfan Widyanto menjadi salah satu terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

News | 08:53 WIB

Dalam kajiannya, krisis yang dihadapi FTX saat ini merupakan buntut dari permasalahan penyalahgunaan pengunaan dana pelanggan yang telah terjadi cukup lama.

Bisnis | 08:34 WIB

Mereka sama-sama berpose seksi untuk memperlihatkan kemolekan tubuh. Lucinta Luna juga membagikan sebuah video pendek saat sedang berjoget bersama Denise Chariesta.

News | 08:25 WIB

Ridwan Kamil dinilai akan kesulitan untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar.

News | 08:20 WIB

"Ketahanan negara itu sangat tergantung pada ketahanan pangan rakyat. Jadi, ini sangat penting," kata legislator yang tengah dirundung proses perceraian oleh istrinya, Anne Ratna Mustika.

News | 08:17 WIB

"Disuruh istri, Ganti gaya rambut mulai bulan depan," tulis Ridwan Kamil.

Metropolitan | 14:57 WIB

Meskipun terdapat peraturan yang berubah, namun tidak ada perubahan terhadap Harga Air Baku.

Metropolitan | 14:30 WIB

Mirisnya, tersangka ayah kandung sudah berkali-kali mencabuli anaknya sendiri selama empat tahun

Metropolitan | 05:38 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Meski sudah ditetapkan jadi tersangka, penghina Dewi Perssik tidak ditahan.

Gosip | 15:28 WIB

Melalui unggahan di media sosial Instagram pribadinya, Gisel menyebut bahwa sang putri dilarikan ke Poli Anak.

Gosip | 15:25 WIB

Denise Chariesta mengancam akan membongkar atau menceritakan pengalamannya dengan Deddy Corbuzier dalam "Da Tau" series.

Gosip | 15:14 WIB

Saking paniknya saat gempa Cianjur, istri Dede Inoen lupa memakai hijab saat menyelamatkan diri.

Gosip | 14:52 WIB

Mari intip potret mesra Vincent Raditya dan istri barunya yang masih muda.

Gosip | 14:45 WIB
Tampilkan lebih banyak