Scroll untuk membaca artikel
Sabtu, 05 November 2022 | 12:34 WIB

Lokasi Penjualan Set Top Box Digital di Medan, Harga Mulai Rp 100 Ribuan

Ari Kaypan
Lokasi Penjualan Set Top Box Digital di Medan, Harga Mulai Rp 100 Ribuan
Ilustrasi pemirsa mengganti channel siaran televisi. (Pexels)

Deli.Suara.com - Pemerintah menghentikan siaran televisi (TV) analog yang dimulai secara bertahap mulai 2 November 2022 lalu di Jabodetabek dan akan menyusul ke Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Oleh karena itu, penggunaan set top box (STB) untuk menikmati siaran TV menjadi hal yang wajib, khususnya bagi televisi yang tidak dapat menangkap siaran digital.

Dilansir dari suara.com, Sabtu (5/11/2022, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memberikan bantuan berupa STB gratis bagi warga berkategori miskin demi kelancaran program migrasi siaran TV analog ke TV digital. 

Masyarakat yang memiliki TV analog tidak perlu membeli TV digital untuk menonton program siaran. Sebab hanya perlu menambahkan STB yang mendukung siaran Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial (DVB-T2), maka tayangan digital sudah dapat dinikmati.

Baca Juga:Round Up: Ribuan Warga Sambut Anies Baswedan di Istana Maimun, Beri Pesan Perubahan

STB sendiri merupakan sebuah alat dekoder yang mampu mengonversi sinyal digtal menjadi bentuk gambar dan suara agar dapat ditampilkan di TV analog. Dengan STB inj, masyarakat tetap bisa menonton siaran TV digital di televisi analog. 

Akan tetapi, tidak semua masyarakat berhak untuk menerima subsidi STB gratis ini. Hanya masyarakat yang termasuk kategori Rumah Tangga Miskin (RTM) saja yang akan berhak mendapat subsidi STB gratis. 

Nah, bagi anda yang tidak mendapatkan subsidi STB dari pemerintah tidak perlu risau. Pasalnya,  STB dapat diperoleh di toko elektronik yang berada di Kota Medan.

Berikut lokasi penjualan kawasan pertokoan yang menjual STB TV digital di Medan:

1. Jalan Asia 
Kawasan pertokoan elektronik yang berada di Jalan Asia Kota Medan menyediakan STB yang dapat digunakan untuk menangkap siaran digital di televisi analog.

Baca Juga:Bupati Gresik Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Sakit Bayt Al-Musaadah (RSBM) Mambaus Sholihin

2. Jalan KL Yos Sudarso
Kawasan pertokoan elektronik di Jalan KL Yos Sudarso Medan, letaknya tak jauh dari pusat perbelanjaan tradisional di Pulo Brayan, Kecamatan Medan Barat. 

3. Jalan Sutomo Ujung
Areal pertokoan di Jalan Sutomo Ujung Medan, juga menyediakan STB yang dibutuhkan untuk menerima siaran digital.

4. Pusat Perbelanjaan Modern
Pusat perbelanjaan modern di Kota Medan seperti di Plaza Medan Fair Jalan Gatot Subroto Medan juga terdapat toko elektronik yang menjual STB. 

Selain lokasi di atas, STB juga dapat diperoleh di toko elektronik lainnya yang lokasinya berdekatan dengan rumah anda. STB juga dapat dibeli secara online lewat aplikasi belanja digital.

Harga dan Merk STB

STB dijual dengan dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 100 ribuan hingga 200 ribuan. 

Berikut rekomendasi merk dan harga set top box tv digital dengan kualitas yang baik, untuk dapat digunakan pada perangkat televisi: 

1. Matrix
Merk ini mungkin jadi salah satu merk yang telah lama ada di dunia pertelevisian Indonesia. Dahulu Matrix menjual antena untuk televisi analog, dan kini juga masuk pada industri set top box.

Salah satu produk paling populer adalah Matrix Apple DVB 2, yang bisa didapatkan dengan harga set top box hanya Rp 200.000-an saja.

2. Aldo STB 03
Kedua adalah produk dari Aldo. Perangkat ini bisa digunakan sebagai set top box yang handal, karena dapat membantu Anda menangkan siaran digital serta memutar YouTube, selama terkoneksi dengan jaringan internet aktif. Harga perangkat ini sendiri ada di kisaran Rp 170.000-an.

3. Polytron
Tidak hanya menyediakan berbagai alat elektronik untuk rumah tangga yang berukuran besar, ternyata Polytron juga memiliki produk STB yang bisa Anda beli.

Produk ini dijual dengan nama Polytron PDC 610T2, dan dipasarkan dengan harga Rp 200.000-an. Karena merknya cukup populer, produk ini jadi salah satu produk terlaris dipasaran.

4. Goldsat Revo
Rekomendasi keempat adalah Goldsat Revo, yang juga cukup populer di pasaran. Serupa dengan produk dari Aldo tadi, perangkat ini juga bisa membantu Anda mengakses YouTube atau IPTV jika terkoneksi dengan jaringan internet aktif. Harga dari set top box ini ada di kisaran Rp 160.000-an saja.

5. Luby
Dengan harga hanya Rp 150.000-an saja, Anda sudah bisa membawa pulang perangkat STB dari Luby ini. Dapat terhubung ke jaringan smart TV dengan dongle WiFi yang tersedia, Anda bisa mengakses banyak sekali tayangan di sana.

6. Tanaka
Populer pada produk pendukung rumah tangga, Tanaka juga memiliki produk STB yang bisa Anda jadikan opsi. Harganya hanya sekitar Rp200.000-an saja, dan sudah dilengkapi dengan kabel RCA dan HDMI.

7. Venus Brio
Set top box ini dapat memancarkan sinyal gambar dan suara dengan kualitas penerimaan yang tajam. Dijamin tidak ada layar buram atau semut yang berkeliaran. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp155.000 di pasar.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda