Scroll untuk membaca artikel
Jum'at, 04 November 2022 | 19:39 WIB

Biodata Anies Baswedan, Sang Capres yang Diusung Partai NasDem

Abik
Biodata Anies Baswedan, Sang Capres yang Diusung Partai NasDem
Anies Baswedan

Deli.suara.com –  Siapa yang tak mengenal sosok Anies Baswedan? Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat ini sudah eksis terjun ke dunia politik sebagai Gubernur DKI Jakarta. Belakang ini, nama Anies sering menjadi perbincangan publik karena keikutsertaannya dalam Pilpres 2024.

Diusung oleh Partai NasDem, Anies maju sebagai capres dan sampai saat ini drama tentang pasangan cawapres yang akan mendampinginya belum juga usai. Anies Baswedan masih kebingungan dengan pilihan antara AHY dan Aher.

Pria kelahiran 7 Mei 1969 ini memiliki nama lengkap H. Anies Baswedan, S.E, M.P.P., Ph.D dan pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta sejak 16 Oktober 2017. Anies merupakan cucu dari H. Abdurrahman Baswedan yang merupakan seorang pahlawan nasional yang dikenal sebagai seorang nasionalis, jurnalis, pejuang Kemerdekaan Indonesia, diplomat, mubaligh dan sastrawan Indonesia.

Ayah Anies bernama Rasyid Baswedan yang berprofesi sebagai dosen Fakultas Ekonomi di Universitas Islam Indonesia. Anies memiliki dua orang adik bernama Abdillah Baswedan dan Ridwan Baswedan. Ia dibesarkan di Yogyakarta dan mulai mengenyam pendidikan saat usia 5 tahun di TK Masjid Syuhada.

Baca Juga:Fitri Salhuteru Doa'kan Dito Mahendra, Zan Zan Bella Ngaku Penasaran: Bersih Nggak Nih Pelapor?

Saat usia 6 tahun, beliau masuk ke SD Laboratori Yogyakarta, dan saat masa kecilnya Anies dikenal sebagai seorang yang supel dan memiliki banyak teman. Setelah lulus SD, Anies melanjutkan sekolahnya ke SMP Negerit 5 Yogyakarta. Ia juga aktif dalam beberapa organisasi OSIS saat SMP.

Setelah lulus SMP, Anies melanjutkan sekolahnya ke SMA Negeri 2 Yogyakarta dan tetap aktif dalam organisasi hingga terpilih menjadi Wakil Ketua OSIS. Pada tahun 1985, Anies menuai prestasi dengan menjadi Ketua OSIS se-Indonesia.

Pada tahun 1987, Anies terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar AFS yang mengakibatkan ia harus tinggal selama setahun di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat. Hal inilah yang membuatnya melalui masa SMA selama empat tahun dan lulus di tahun 1989.

Setelah kembali ke Yogyakarta, Anies Baswedan sempat menjadi seorang jurnalistik. Ia bergabung dengan program Tanah Merdeka di TVRI cabang Yogyakarta dan mendapatkan peran sebagai pewawancara para tokoh nasional.

Setelah lulus SMA, Anies melanjutkan pendidikannya di UGM dan mengambil Jurusan Ekonomi pada 1989-1995. Perjalanan Anies dalam dunia politik dimulai saat dirinya menikah dengan perempuan bernama Fery Farhati Ganis pada 11 Mei 1996 yang ternyata memiliki pengalaman luar biasa dalam bidang politik.

Baca Juga:Pj Gubernur DKI Evaluasi Proses Pencabutan Pergub Penggusuran Era Ahok

Anies dikaruniai empat orang anak dengan Fery, Mutiara Annisa Baswedan, Mikail Azizi Baswedan, Kaisar Hakam Baswedan dan Ismail Hakim Baswedan. Setelah menikah, Anies semakin aktif belajar dan berorganisasi. Ia sering berkarir dan mendapat profesi yang bergengsi hingga namanya dikenal luas oleh publik.

Dari tahun 2008 hingga sekarang, Anies dikenal sebagai anggota Dewan Pemimpin Muda untuk Indonesia di Jakarta. Puncak karir Anies terjadi pada tahun 2014 saat ia menjabat sebagai Mendikbud dalam kabinet dengan masa kerja 2014 sampai 2019.

Pria yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini tengah mempersiapkan dirinya menjadi capres. Meskipun belum memilih siapa pendampingnya nanti, Anies masih tetap aktif melakukan safari politik dan menyapa para relawannya yang membentuk sebuah kelompok bernama IndonesiAnies.

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Lifestyle

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda