Pesona Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti, Objek Wisata di Sumatera Utara

Pesona Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti sebagai objek wisata di Sumatera Utara selalu mengundang decak kagum setiap pengunjungnya.

Sry Samosir
Rabu, 19 Oktober 2022 | 14:45 WIB
Pesona Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti, Objek Wisata di Sumatera Utara
Pesona Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti, Objek Wisata di Sumatera Utara (cerdika.com)

Deli.Suara.com - Pesona Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti sebagai objek wisata di Sumatera Utara tak diragukan lagi. Keindahan dan kearifan lokal yang ada pada Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti ini selalu mengundang decak kagum setiap pengunjungnya.

Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti terletak di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Jaraknya kurang lebih 63 km (kilometer) ataupun nyaris satu jam berkendara dari Lapangan terbang Internasional Kualanamu.

Puri Melayu Sri Menanti bisa dimanfaatkan sebagai tempat keluarga berkumpul. Tentang itu pula tercermin dari namanya yang bermakna rumah yang senantiasa menanti kehadiran keluarga besar.

Rumah adat Puri Melayu Sri berada di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara dan dibangun sekitar tahun 1910 oleh Muhammad Nur Rangkuti dan Siti Rahma anak dari Ali Jambak seorang pengawal dari kerajaan negeri Padang.

Baca Juga:West Ham Sering Bikin Liverpool Repot, Jurgen Klopp Minta The Reds Waspada

Pada tahun 2000, rumah adat tersebut kembali dipugar oleh Yayasan Angkatan laut (AL) Hasyimiyah. Rumah yang utamanya dibuat dari kayu ini pula dijadikan sebagai sanggar seni tari tradisional, silat melayu, serta menenun songket.

Puri Melayu Sri Menanti mempunyai lantai dasar serta lantai atas. Di lantai bahwa ada area guna menenun songket melayu serta bersantai, sebaliknya di lantai atas terdapat ruang tamu yang berisi pelaminan melayu.

Terdapat pula ruang keluarga yang berisi aset perlengkapan berbahan kuningan buat upacara adat melayu. Rumah adat ini mempunyai energi tarik wisata budaya serta sejarah.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti mengatakan bahwa dirinya juga merasa bahagia dengan melihat tarian Melayu.

"Saya harap kesadaran masyarakat setempat dalam melestarikan budaya dan mengelola rumah adat ini semakin tinggi. Mari kita sama-sama berkolaborasi agar budaya ini bisa terus dinikmati anak cucu hingga ribuan tahun ke depan dan mampu menyejahterakan masyarakat kita," katanya.

Maka dari itu pesona Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti haruslah dilestarikan maka mari kita mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama melestarikan budaya yang ada melalui Rumah Adat Puri Melayu Sri Menanti.

Baca Juga:Alexander Isak harus Kubur Mimpi Main di Piala Dunia

Tujuannya agar nilai-nilai yang terkandung di dalamnya tidak pudar, serta memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, khususnya Kota Tebing Tinggi.

Pariwisata

Terkini

Elektabilitas Ridwan Kamil kalahkan Ganajr, Prabowo hingga Anies di Jawa Barat.

News | 08:46 WIB

Pengamat politik Refly Harun berpendapat dengan bersatunya Anies dan Puan akan mempersatukan arus kanan dan kiri.

News | 08:29 WIB

Irma Hutabarat menduga ada WA skenario di kalangan anak buah Ferdy Sambo sebelum memberikan kesaksian.

News | 07:48 WIB

Narasi Pelecehan dan Kepribadian Ganda Brigadir J dinilai bisa menjadi boomerang bagi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

News | 07:21 WIB

Adzan Romer membeberkan momen saat Ferdy Sambo ajak Putri Candrawathi keluar rumah usai Brigadir J terbunuh.

News | 07:05 WIB

Irfan Widyanto menjadi salah satu terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

News | 08:53 WIB

Dalam kajiannya, krisis yang dihadapi FTX saat ini merupakan buntut dari permasalahan penyalahgunaan pengunaan dana pelanggan yang telah terjadi cukup lama.

Bisnis | 08:34 WIB

Mereka sama-sama berpose seksi untuk memperlihatkan kemolekan tubuh. Lucinta Luna juga membagikan sebuah video pendek saat sedang berjoget bersama Denise Chariesta.

News | 08:25 WIB

Ridwan Kamil dinilai akan kesulitan untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar.

News | 08:20 WIB

"Ketahanan negara itu sangat tergantung pada ketahanan pangan rakyat. Jadi, ini sangat penting," kata legislator yang tengah dirundung proses perceraian oleh istrinya, Anne Ratna Mustika.

News | 08:17 WIB

"Disuruh istri, Ganti gaya rambut mulai bulan depan," tulis Ridwan Kamil.

Metropolitan | 14:57 WIB

Meskipun terdapat peraturan yang berubah, namun tidak ada perubahan terhadap Harga Air Baku.

Metropolitan | 14:30 WIB

Mirisnya, tersangka ayah kandung sudah berkali-kali mencabuli anaknya sendiri selama empat tahun

Metropolitan | 05:38 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Meski sudah ditetapkan jadi tersangka, penghina Dewi Perssik tidak ditahan.

Gosip | 15:28 WIB

Melalui unggahan di media sosial Instagram pribadinya, Gisel menyebut bahwa sang putri dilarikan ke Poli Anak.

Gosip | 15:25 WIB

Denise Chariesta mengancam akan membongkar atau menceritakan pengalamannya dengan Deddy Corbuzier dalam "Da Tau" series.

Gosip | 15:14 WIB

Saking paniknya saat gempa Cianjur, istri Dede Inoen lupa memakai hijab saat menyelamatkan diri.

Gosip | 14:52 WIB

Mari intip potret mesra Vincent Raditya dan istri barunya yang masih muda.

Gosip | 14:45 WIB
Tampilkan lebih banyak