Pastor James Pimpin Misa Pembukaan Rosario 2022 di Graha Maria Annai Velangkanni

penentuan bulan Oktober sebagai bulan Rosario, berkaitan dengan peristiwa yang terjadi 3 abad sebelumnya, yaitu ketika terjadi pertempuran di Lepanto pada tahun 1571, di mana negara- negara Eropa diserang oleh kerajaan Ottoman yang menyerang agama Kristen.

Steven Bangun
Minggu, 02 Oktober 2022 | 19:11 WIB
Pastor James Pimpin Misa Pembukaan Rosario 2022 di Graha Maria Annai Velangkanni
Pastor James pimpin misa pembukaan Rosario (Fanpage VelangkanniMedan)

Rektor Graha Maria Annai Velangkanni, Pastor James Bharataputra memimpin misa kudus Pembukaan Bulan Rosario Suci tahun 2022.

Pembukaan Bulan Rosario berlangsung pada Sabtu (1 Oktober 2022), yang dimulai dengan kegiatan mengelilingi komplek Graha Maria dengan Arca Maria , Patung St. Fransiskus , dan gambar Yohanes Paulus ke II sambil doa Rosario.

Setelah itu pukul 18.00 di lanjutkan dengan Misa  Kudus  di Aula Santa Anna. Misa ini di pimpin oleh RP. James Bharataputra SJ, Rektor Graha Maria Annai Velangkanni Medan.

Secara tradisi, Gereja Katolik mendedikasikan bulan- bulan tertentu untuk devosi tertentu. Bulan Mei yang sering dikaitkan dengan permulaan kehidupan, karena pada bulan Mei di negara- negara empat musim mengalami musim semi atau musim kembang. 

Baca Juga:Pedas! Boaz Solossa Minta Stop Saling Kritik Tragedi Kanjuruhan: Berdoa untuk Keluarga Kehilangan, Pekalah Sejenak

Maka bulan ini dihubungkan dengan Bunda Maria, yang menjadi Hawa yang Baru. Hawa sendiri artinya adalah ibu dari semua yang hidup, “mother of all the living” (Kej 3:20). 

Devosi mengkhususkan bulan Mei sebagai bulan Maria diperkenalkan sejak akhir abad ke 13. Namun praktek ini baru menjadi populer di kalangan para Jesuit di Roma pada sekitar tahun 1700-an, dan baru kemudian menyebar ke seluruh Gereja.

Pada tahun 1809, Paus Pius VII ditangkap oleh para serdadu Napoleon, dan dipenjara. Di dalam penjara, Paus memohon dukungan doa Bunda Maria, agar ia dapat dibebaskan dari penjara. 

Paus berjanji bahwa jika ia dibebaskan, maka ia akan mendedikasikan perayaan untuk menghormati Bunda Maria. 

Lima tahun kemudian, pada tanggal 24 Mei, Bapa Paus dibebaskan, dan ia dapat kembali ke Roma. Tahun berikutnya ia mengumumkan hari perayaan Bunda Maria, Penolong umat Kristen. 

Baca Juga:Kesaksian Penyintas Tragedi Kanjuruhan: Mata Pedih, Gedong Anak Berdesakan Menyelamatkan Diri

Demikianlah devosi kepada Bunda Maria semakin dikenal, dan ketika Paus Pius IX mengumumkan dogma “Immaculate Conception/ Bunda Maria yang dikandung tidak bernoda” pada tahun 1854, devosi bulan Mei sebagai bulan Maria telah dikenal oleh Gereja universal.

Paus Paulus VI dalam surat ensikliknya, the Month of Mary mengatakan, “Bulan Mei adalah bulan di mana devosi umat beriman didedikasikan kepada Bunda Maria yang terberkati,” dan bulan Mei adalah kesempatan untuk “penghormatan iman dan kasih yang diberikan oleh umat Katolik di setiap bagian dunia kepada Sang Ratu Surga. 

Sepanjang bulan ini, umat Kristen, baik di gereja maupun secara pribadi di rumah, mempersembahkan penghormatan dan doa dengan penuh kasih kepada Maria dari hati mereka. Pada bulan ini, rahmat Tuhan turun atas kita … dalam kelimpahan.” (Paus Paulus VI, the Month of May, 1)

Sedangkan penentuan bulan Oktober sebagai bulan Rosario, berkaitan dengan peristiwa yang terjadi 3 abad sebelumnya, yaitu ketika terjadi pertempuran di Lepanto pada tahun 1571, di mana negara- negara Eropa diserang oleh kerajaan Ottoman yang menyerang agama Kristen. 

Terdapat ancaman genting saat itu, bahwa agama Kristen akan terancam punah di Eropa. Jumlah pasukan Turki telah melampaui pasukan Kristen di Spanyol, Genoa dan Venesia. Menghadapi ancaman ini, Don Juan (John) dari Austria, komandan armada Katolik, berdoa rosario memohon pertolongan Bunda Maria. 

Demikian juga, umat Katolik di seluruh Eropa berdoa rosario untuk memohon bantuan Bunda Maria di dalam keadaan yang mendesak ini. Pada tanggal 7 Oktober 1571, Paus Pius V bersama- sama dengan banyak umat beriman berdoa rosario di basilika Santa Maria Maggiore. Sejak subuh sampai petang, doa rosario tidak berhenti didaraskan di Roma untuk mendoakan pertempuran di Lepanto. 

Walaupun nampaknya mustahil, namun pada akhirnya pasukan Katolik menang pada tanggal 7 Oktober. Kemudian, Paus Pius V menetapkan peringatan Rosario dalam Misa di Vatikan setiap tanggal 7 Oktober. Kemudian penerusnya, Paus Gregorius XIII, menetapkan tanggal 7 Oktober itu sebagai Hari Raya Rosario Suci.

Demikianlah sekilas mengenai mengapa bulan Mei dan Oktober dikhususkan sebagai bulan Maria. Bunda Maria memang terbukti telah menyertai Gereja dan mendoakan kita semua, para murid Kristus, yang telah diberikan oleh Tuhan Yesus menjadi anak- anaknya (lih. Yoh 19:26-27). [VAB]

Sumber: KATOLISITAS

Pariwisata

Terkini

Elektabilitas Ridwan Kamil kalahkan Ganajr, Prabowo hingga Anies di Jawa Barat.

News | 08:46 WIB

Pengamat politik Refly Harun berpendapat dengan bersatunya Anies dan Puan akan mempersatukan arus kanan dan kiri.

News | 08:29 WIB

Irma Hutabarat menduga ada WA skenario di kalangan anak buah Ferdy Sambo sebelum memberikan kesaksian.

News | 07:48 WIB

Narasi Pelecehan dan Kepribadian Ganda Brigadir J dinilai bisa menjadi boomerang bagi Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

News | 07:21 WIB

Adzan Romer membeberkan momen saat Ferdy Sambo ajak Putri Candrawathi keluar rumah usai Brigadir J terbunuh.

News | 07:05 WIB

Irfan Widyanto menjadi salah satu terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

News | 08:53 WIB

Dalam kajiannya, krisis yang dihadapi FTX saat ini merupakan buntut dari permasalahan penyalahgunaan pengunaan dana pelanggan yang telah terjadi cukup lama.

Bisnis | 08:34 WIB

Mereka sama-sama berpose seksi untuk memperlihatkan kemolekan tubuh. Lucinta Luna juga membagikan sebuah video pendek saat sedang berjoget bersama Denise Chariesta.

News | 08:25 WIB

Ridwan Kamil dinilai akan kesulitan untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar.

News | 08:20 WIB

"Ketahanan negara itu sangat tergantung pada ketahanan pangan rakyat. Jadi, ini sangat penting," kata legislator yang tengah dirundung proses perceraian oleh istrinya, Anne Ratna Mustika.

News | 08:17 WIB

Meskipun terdapat peraturan yang berubah, namun tidak ada perubahan terhadap Harga Air Baku.

Metropolitan | 14:30 WIB

Mirisnya, tersangka ayah kandung sudah berkali-kali mencabuli anaknya sendiri selama empat tahun

Metropolitan | 05:38 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Istilah Miras Minuman Rasul tersebar dan berbuntut panjang. Berikut kronologi istilah miras minuman rasul yang bikin sejumlah komedian dipolisikan.

Metropolitan | 18:30 WIB

Mari intip potret mesra Vincent Raditya dan istri barunya yang masih muda.

Gosip | 14:45 WIB

Muzdalifah ternyata juga tidak butuh waktu lama di ruang perawatan. Kurang dari sehari, ia sudah diperkenankan pulang.

Gosip | 14:28 WIB

Nikita Mirzani sengaja menjual rumah miliknya, karena ingin membeli rumah yang lebih besar untuk ketiga anaknya.

Gosip | 14:15 WIB

Populer tak jadi jaminan para artis ini bebas dari body shaming.

Gosip | 14:05 WIB

Salah satu rumah Nikita Mirzani akan dijual seharga Rp10 miliar.

Gosip | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak