Scroll untuk membaca artikel
Minggu, 02 Oktober 2022 | 17:10 WIB

Tanggal 2 Oktober Hari Batik Nasional, Bagaimana Sejarahnya?

Steven Bangun
Tanggal 2 Oktober Hari Batik Nasional, Bagaimana Sejarahnya?
hari batik nasional

Setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Batik dikenal sebagai salah satu kekayaan budaya Indonesia. Apakah kamu tahu perihal sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober ini?

Peringatan Hari Batik Nasional bermula dari keputusan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB alias UNESCO yang menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Batik Indonesia, mencakup keseluruhan teknik, teknologi, pengembangan motif dan budaya yang terkait, telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009.

Penetapan ini dilakukan melalui sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada 2 Oktober 2009.

Baca Juga:Klub-klub Liga Inggris Ucapkan Duka Cita atas Tragedi Stadion Kanjuruhan

Batik adalah kerajinan berupa motif yang ada sejak zaman dulu di Indonesia. Motif batik ini beraneka ragam mulai dari motif hewan, bunga, manusia, geometris, dan masih banyak lainnya. UNESCO menilai teknik, simbol, dan budaya batik yang melekat dengan kebudayaan Indonesia.

Maka, Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. 

Namun, harus diingat bahwa Hari Batik Nasional bukan hari libur, sehingga pekerja dan siswa tetap masuk pada hari tersebut.

Ketentuan ini tertuang di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 tentang Hari Batik Nasional yang dikeluarkan pada 17 November 2009.

Menurut Keppres 33/2009, Hari Batik Nasional perlu dimunculkan karena batik telah mendapat pengakuan internasional sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Baca Juga:Sepeda Motor Ukuran Besar Melaju di Jalan Raya, Warganet Duga Pakai Mesin Mobil

Hal ini dipandang bisa meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional.

Pengakuan batik oleh UNESCO atas warisan budaya dunia pada tahun 2009 lalu merupakan bentuk pengakuan strategis atas eksistensi batik dan nilai pentingnya bagi peradaban dan perkembangan kebudayaan.

Dengan pengakuan ini, diharapkan agar masyarakat dapat mempertahankan batik sebagai living tradition. 

Presiden Republik Indonesia, melalui Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009 tanggal 17 November 2009, juga telah memutuskan bahwa setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. 

Penerbitan Keppres Nomor 33 Tahun 2009 sebagai usaha pemerintah meningkatkan citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional.

Demikian sekilas sejarah penetapan Hari Batik Nasional di Indonesia setiap tanggal 2 Oktober. Kita memang patut bangga dengan kekayaan budaya yang diakui dunia ini. Selamat Hari Batik Nasional. [VAB]

Berita Terkait

Tag

terpopuler

Pariwisata

Terkini

Loading...
Load More
Ikuti Kami

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda