Harga Telur Naik, Mendag dan Mensos Saling Menyerang Akibat Beda Pendapat

Kenaikan harga telur membuat Mendag dan Mensos saling serang pendapat.

Rahma Yuli
Rabu, 31 Agustus 2022 | 15:31 WIB
Harga Telur Naik, Mendag dan Mensos Saling Menyerang Akibat Beda Pendapat
Telur ayam (Foto: Istimewa)

Deli.Suara.com – Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengatakan bansis yang disalurkan Kemensos ke daerah jadi salah satu penyebab kenaikan harga telur ayam karena disalurkan dalam bentuk pangan.

Sementara itu, Menteri Sosial, Tri Rismaharini menegaskan bahwa bantuan sosial atau bansos bukan salah satu penyebab kenaikan harga telur ayam. Namun, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan tetap dengan pendapatnya.

“Kenaikan itu memang Mensos tidak membeli telur, tidak, tapi memberikan bantuan kepada daerah, daerah dan dijadikan itu bantuan dalam bentuk pangan. Dan itu rupanya kesepakatan Kementerian Perdagangan dan Mensos dulu,” terang Zulkifli Hasan dalam rapat kerja di Komisi VI DPR RI, Jakarta, Selasa (30/8/2022).

“Karena telur dulu tuh nggak laku. Kebijakan ini diteruskan walaupun zaman sudah berbeda. PKH-PKH bantuannya dibelikan pangan antara lain telur. Dan ini rapel 3 bulan sehingga dalam waktu 5 hari jadi banyak kesedot akhirnya pasokan pasar kurang sedikit maka harga menjadi naik,” tambahnya.

Baca Juga:Pemerintah Berencana Naikan Harga BBM Bersubsidi, Hasto PDIP Pede Jokowi Bakal Ambil Keputusan Terbaik

Mendag Zulhas juga menyebut, penyebab lainnya yaitu pada tahun lalu, harga telur ayam turun secara ekstreem hingga Rp14.000 per Kg yang memaksa peternak untuk melakukan afkir dini.

“Memang kenaikan itu, satu, dampak daripada tahun 2021 telur itu waktu itu sampai Rp14.000 kita masih pandemi. Rp14.000 itu rugi karena ongkosnya telur itu Rp24.000. oleh karena itu pada waktu itu terjadi apa yang kita sebut afkir dini. Induknya dipotong dijadikan ayam potong dampaknya tentu sekarang,” katanya.

Mendag juga menyinggung harga telur yang naik adalah tanda proses pemulihan ekonomi sehingga ada peningkatan permintaan.

Mengetahui hal ini, Mensos Risma membantah dengan tegas bansos adalah penyebab harga telur naik dan memastikan Kemensos tidak memiliki program yang menyalurkan bantuan berupa telur.

“Jadi dulu telur harganya jatuh, kami yang salah karena kami nggak membeli, didemo industri peternak ayam, kenapa nggak mau beli Kemensos. Tapi bukan itu jawabannya. Jawabannya adalah, jadi sebenarnya kami nggak ada program dalam bentuk Natura baik beras maupun telur itu nggak ada, kami memberikannya lewat bank, mosok bank mau ngasih beras. Jadi kami kasih uang ke bank,” papar Risma saat menghadiri peluncuran program layanan kesehatan untuk 435 desa di Kantor PDIP Kabupaten Bogor, Kamis (25/8/2022) lalu.

Baca Juga:Ferdy Sambo Peluk Putri Candrawathi saat Rekonstruksi, Publik: Raja dan Ratu Drama!

Risma mengatakan, masyarakat sendiri diberi kebebasan untuk menggunakan bansos, selama untuk memenuhi kebutuhan hidup tanpa memaksa beli telur.

“Jadi boleh ikan, daging, telur. Jadi kalau (harga telur) naik, kami juga nggak tahu. Kalau ternyata penerima bansos itu membeli telur, ya kami nggak tahu, karena nutrisi itu bukan hanya telur,” kata Risma.

“Jadi kalau (harga telur) turun, saya disalahkan, kenapa enggak beli telur kami. Kalau naik kami disalahkan karena membelinya. Tapi saya nggak komentari itu ya. Tapi yang jelas kami bantunya dalam bentuk tunai. Program apapun itu kami lewat cash, kecuali lewat PT Pos, kecuali yang lansia yang dia ngambil bank. Kami punya datanya,” tandas Risma. 

Sumber: Suara.com 

News

Terkini

Irfan Widyanto menjadi salah satu terdakwa kasus obstruction of justice pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat.

News | 08:53 WIB

Dalam kajiannya, krisis yang dihadapi FTX saat ini merupakan buntut dari permasalahan penyalahgunaan pengunaan dana pelanggan yang telah terjadi cukup lama.

Bisnis | 08:34 WIB

Mereka sama-sama berpose seksi untuk memperlihatkan kemolekan tubuh. Lucinta Luna juga membagikan sebuah video pendek saat sedang berjoget bersama Denise Chariesta.

News | 08:25 WIB

Ridwan Kamil dinilai akan kesulitan untuk mendapatkan suara dari pemilih di Jabar.

News | 08:20 WIB

"Ketahanan negara itu sangat tergantung pada ketahanan pangan rakyat. Jadi, ini sangat penting," kata legislator yang tengah dirundung proses perceraian oleh istrinya, Anne Ratna Mustika.

News | 08:17 WIB

Elektabilitas Partai NasDem usai mengusung Anies Baswedan diketahui mengalami penurunan yang signifikan.

News | 07:58 WIB

"Rumahnya masih ngontrak, Gucci 10 per bulan, Louis Vuitton 10 per bulan. Apa enggak banyak utangnya?" kata Satria Mulia. "Kayaknya sebelum menikah, Lesti itu sederhana penampilannya.

News | 07:55 WIB

JPU menyebut kekasih Brigadir J, Vera Simanjuntak lebih menarik ketimbang Putri Candrawathi.

News | 07:31 WIB

Anak Ferdy Sambo menyebut sang ayah bucin banget kepada Putri Candrawathi.

News | 07:05 WIB

Dalam info sebelumnya dari PN Serang, sidang akan dilaksanakan Nikita pada pukul 09.00 WIB, dan dilakukan secara terbuka untuk umum di Pengadilan Negeri Serang.

News | 07:04 WIB

"Disuruh istri, Ganti gaya rambut mulai bulan depan," tulis Ridwan Kamil.

Metropolitan | 14:57 WIB

Meskipun terdapat peraturan yang berubah, namun tidak ada perubahan terhadap Harga Air Baku.

Metropolitan | 14:30 WIB

Mirisnya, tersangka ayah kandung sudah berkali-kali mencabuli anaknya sendiri selama empat tahun

Metropolitan | 05:38 WIB

korban FDR mengaku ditampar, ditendang hingga dijambak bahkan diancam untuk dibunuh ketika bertengkar dengan oknum polisi berinisial DM

Metropolitan | 07:20 WIB

Kapolsek Palmerah AKP Dodi Abdulrohim mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan yang lebih ketat kepada para anggotanya.

Metropolitan | 11:15 WIB

Denise Chariesta mengancam akan membongkar atau menceritakan pengalamannya dengan Deddy Corbuzier dalam "Da Tau" series.

Gosip | 15:14 WIB

Saking paniknya saat gempa Cianjur, istri Dede Inoen lupa memakai hijab saat menyelamatkan diri.

Gosip | 14:52 WIB

Mari intip potret mesra Vincent Raditya dan istri barunya yang masih muda.

Gosip | 14:45 WIB

Muzdalifah ternyata juga tidak butuh waktu lama di ruang perawatan. Kurang dari sehari, ia sudah diperkenankan pulang.

Gosip | 14:28 WIB

Nikita Mirzani sengaja menjual rumah miliknya, karena ingin membeli rumah yang lebih besar untuk ketiga anaknya.

Gosip | 14:15 WIB
Tampilkan lebih banyak