Bukit Gundaling, Destinasi Wisata Karo yang Namanya Terinspirasi dari Ini

Bukit Gundaling merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan Gunung Sibayak dan juga Gunung Sinabung serta keindahan kota Berastagi.

Ari Kaypan
Senin, 08 Agustus 2022 | 18:31 WIB
Bukit Gundaling, Destinasi Wisata Karo yang Namanya Terinspirasi dari Ini
Bukit gundaling. (Ist)

Deli.Suara.com - Bukit Gundaling merupakan objek wisata yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.  Bukit ini merupakan salah satu objek wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan. Wisatawan lokal maupun mancanegara setiap harinya mengunjunginya.

Bukit Gundaling merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan Gunung Sibayak dan juga Gunung Sinabung serta keindahan kota Berastagi

Di seputaran jalan menuju Bukit Gundaling terdapat banyak penjual souvenir serta warung-warung yang menyediakan makanan.  Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak perlu keluar uang banyak, hanya sekitar Rp 10.000.

Saat mengunjungi Bukit Gundaling terdapat cerita menarik mengenai objek wisata ini. Beberapa penduduk setempat mengatakan bahwa penamaan Bukit Gundaling memiliki cerita tersendiri. Ceritanya di mulai pada zaman Indonesia sebelum merdeka, seorang pria Inggris datang ke sebuah bukit (Bukit Gundaling). 

Baca Juga:Kocak! Cak Imin Gelar 'Imam Bonjol Fashion Week' Sebelum Daftar Pemilu 2024

Di bukit tersebut pria Inggris itu ini bertemu dengan seorang gadis lokal dan mulai mengobrol. Awalnya gadis itu merasa risih lantaran tidak paham dengan apa yang diucapkan pria Inggris tersebut walaupun akhirnya tetap meladeninya. 

Ternyata pria Inggris itu merasa rindu untuk bertemu kembali dengan gadis lokal itu. Begitu juga dengan gadis lokas serasa rindu untuk bertemu kembali dengan pria Inggris itu.  Hari demi hari berlalu, pria Inggris dan gadis lokal tersebut selalu bertemu di bukit dan mengobrol sampai menjelang sore hari. Seperti cerita cinta lainnya, percintaan tidaklah selalu mulus. 

Orang tua gadis tadi mengetahui pertemuan mereka dan memutuskan untuk mengurung dan menikahkan sang gadis dengan pria lain.  Pria Inggris yang tidak mengetahui setiap harinya menunggu gadis tersebut di bukit, tetapi gadis itu tak kunjung datang. Suatu hari pria Inggris tersebut memutuskan untuk menemui gadis tersebut di rumahnya. 

Mereka bertemu dan pria Inggris mengatakan akan menunggu gadis tersebut di bukit tempat mereka biasa bertemu. Tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, pria Inggris tersebut terus menunggu sang gadis yang sudah menikah. 

Ia tidak tahu bahwa mereka tidak akan bertemu lagi. Sampai akhirnya pria Inggris itu harus pergi ke negaranya.  Untuk terakhir kalinya pria Inggris itu menunggu sang gadis di bukit dan mengucapkan perpisahan "Good bye Darling" berulang-ulang dan berteriak. 

Baca Juga:Israel Lagi-lagi Serbu Kompleks Masjid Al-Aqsa, Pakistan Ikutan Berang

Masyarakat lokal yang tidak paham serta tidak mengerti apa yang diucapkan pria Inggris mengubah pengucapan "Good bye Darling" menjadi Gundaling.

Masyarakat sekitar yang sudah terbiasa mengucapkan "Gundaling" akhirnya menamai bukit tersebut dengan nama Bukit Gundaling.  Itulah asal muasal nama Bukit Gundaling tercipta, walaupun banyak juga versi lain dari cerita tersebut.

Sumber: Suara.com

Pariwisata

Terkini

Jadwal sholat ini untuk memudahkan umat Muslim melaksanakan sholat lima waktu.

Lifestyle | 00:21 WIB

"Ini indonesia, negara hukum bukan negara bercanda atau komedi dimana semua orang boleh bebas melakukan tindak pidana atas nama komedi dan bercanda," katanya.

News | 21:22 WIB

"Karena tak mungkin kita terus latihan tanpa ada kepastian. Gak masalah ada penundaan, tapi yang penting ada kepastian," katanya.

Bola | 20:50 WIB

kebiasaan membawa bekal dari rumah juga salah satu cara gaya hidup berkelanjutan. Tak hanya bisa menghemat pengeluaran, membawa bekal juga menjamin makanan yang dikonsumsi lebih sehat dan aman.

Lifestyle | 18:25 WIB

Lagu ini dirilis Kamis 6 Oktober 2022 besok

Lifestyle | 18:10 WIB

Yayat dan Agus mengambil kesempatan di "air keruh" ini. Mereka mencoba merebut area parkir jalanan yang telah dikuasai oleh Kang Cecep untuk diberikan kepada Bubun.

Lifestyle | 17:30 WIB

Dokter Adib juga mengingatkan agar tidak berlama-lama saat terkena hujan. Usahakan tutupi tubuh dengan jas atau jaket jika agar rintikan air hujan tak langsung mengenai tubuh.

Lifestyle | 17:24 WIB

Peran yang dilakukan Irin bisa dikatakan penambah bumbu-bumbu segar di Preman Pensiun 6 ini.

Lifestyle | 16:01 WIB

Proklamasi World Teachers Day ini dilakukan ketika konferensi khusus antar berbagai negara di seluruh dunia yang saat itu diadakan UNESCO di Paris. Dilansir dari DetikNews, tahun ini World Teachers Day mengangkat tema Transformasi Pendidikan Dimulai dari Guru.

News | 15:21 WIB

Dikutip dari instagram @gottalentid, telah ditetapkan lima pemenang IGT 2022 berdasarkan hasil voting saat babak Grand Final. Pada Senin (3/10/2022) malam itu, Robby Purba selaku pembawa acara membacakan para pemenang dimulai dari yang terakhir.

News | 15:18 WIB

"Coba bayangkan bola itu dilempar kalau kena kepala bagaimana? Bisa pecah," kata Zulpan

Metropolitan | 19:15 WIB

Air mata di tragedi Kanjuruhan belum kering, namun Divisi Humas Polri sudah menggelar lomba penulisan artikel bertema apresiasi polisi humanis.

Metropolitan | 18:43 WIB

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha tengah menjadi sasaran bullying warganet akibat sikapnya yang kontradiktif mengenai deklarasi capres 2024.

Metropolitan | 16:46 WIB

Dengan begitu, Gerai SAMSAT milik Pemprov DKI Jakarta bertambah menjadi 15.

Metropolitan | 15:52 WIB

Anggota DPR 2019-2024 termuda, Hillary Brigitta Lasut melaporkan Mamat Alkatiri ke kepolisian usai sang komika me-roasting perihal privilege sejumlah anggota dewan.

Metropolitan | 15:46 WIB

Nafa Urbach muak dengan para pria yang selalu memamerkan harta kepadanya demi membuat mantan istri Zack Lee ini tertarik.

Gosip | 23:10 WIB

Barang-barang Lesti Kejora diangkut truk juga jadi berita pilihan hari ini.

Gosip | 22:35 WIB

Para sahabat sempat mengingatkan Lesti Kejora untuk mempertimbangkan keputusannya menikah dengan Rizky Billar karena terlalu cepat.

Gosip | 22:05 WIB

Hetty Koes Endang ungkap Lesti Kejora sudah memberikan kode dan ingin menceritakan sesuatu sejak belum menikah, sebelum terjadinya KDRT.

Gosip | 21:58 WIB

Raja Charles III mengucapkan belasungkawa atas tragedi Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022 lalu.

Gosip | 21:51 WIB
Tampilkan lebih banyak