7 Suku di Pulau Sumatera yang Perlu Kamu Tahu

Ini kemudian membuat suku di pulau Sumatera beragam.

Ari Kaypan
Kamis, 04 Agustus 2022 | 18:37 WIB
7 Suku di Pulau Sumatera yang Perlu Kamu Tahu
Pakaian Adat Suku Batak Toba. (Youtube Info Sumut)

Deli.Suara.com - Pulau Sumatera berada di paling barat dalam gugusan pulau nusantara dan berbatsan dengan dua Negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura.

Ini kemudian membuat suku di pulau Sumatera beragam. Pertemuan dengan orang-orang dari belahan bumi lainnya, membuat akulturasi budaya terjadi di Sumatera, beberapa bahkan menjadi tradisi masyarakat setempat hingga kini. Bagi para wisatawan yang tertarik dengan destinasi wisata di pulau Sumatera, tentu perlu tahu juga suku-suku apa saja yang berdiam di pulau ini. 

Berikut adalah ulasan mengenai suku di Pulau Sumatera yang ada hingga kini:

1. Suku Melayu

Baca Juga:MUI Soroti Maraknya Kasus Bunuh Diri di Bukittinggi dan Agam: Sangat Disayangkan, Miris!

Melayu merupakan suku mayoritas di pulau Sumatera, jumlahnya diperkirakan hingga 8,7 jiwa. Saking banyaknya, Melayu terbagi lagi dalam beberapa suku besar, seperti Suku Batak, Suku Palembang. Minangkabau dan masih banyak lainnya.

Budaya yang tumbuh dan berkembang dalam suku ini kebanyakan merupakan serapan dari budaya Arab, Bugis dan India. Ini salah satunya disebabkan karena pengaruh dari pertemuan warga asli Sumatera dengan para pedagang dari Timur Tengah pada dahulu kala. Budaya tersebut lalu berkembang menjadi tari-tarian, seperti Tari Piring, Tari Pasambahan dan Tari Senyum Minang Manis.

2. Suku Minangkabau

Suku Minangkabau lebih dikenal dengan sebutan Suku Minang. Suku ini banyak mendiami pulau Sumatera bagian barat, diantaranya Bengkulu, Riau, Aceh, Jambi hingga Negeri Sembilan Malaysia. Di Sumatera Barat sendiri, jmlah suku Minang mencapai 4,2 juta jiwa. Selain itu suku Minang juga tersebar hingga ke seluruh nusantara, karena salah satu watak suku ini adalah gemar merantau. Karena itu, jumlah orang yang berdarah Minang di seluruh Indonesia diperkirakan mencapai 6,4 juta jiwa.

3. Suku Aceh

Baca Juga:Habis Sudah Kesabarannya, Seorang Ibu di Mataram Laporkan Anak Kandung ke Polisi

Sesuai namanya, Suku Aceh mendiami wilayah Nanggroe Aceh Darussalam, yang merupakan wilayah paling utara di pulau Sumatera. Dahulu Suku Aceh banyak yang memeluk agama Hindu. Namun kemudian beralih memeluk Islam, setelah pengaruh agama islam masuk melalui aktifitas perdagangan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah Suku Aceh di Indonesia diperkirakan mencapai 3,4 juta jiwa.

4. Suku Batak

Suku Batak yang merupakan suku asli dari Tapanuli dan Sumatera Utara. Turunan dari Suku Batak juga banyak, diantaranya Batak Toba, Simalungun, Batang PakPak, Mandailing, Karo, dan lain sebagainya. Mayoritas Suku Batak memeluk agama Kristen. Hingga kini mereka tetap setia melestarikan budayanya, antara lain Hamoraan, Uhun dan Ugaro, Hagabeon dan lain sebagainya. Di Provinsi Sumatera Utara, jumlah Suku Batak mencapai 5,7 juta orang. Jika ditelisik lebih jauh, jumlah suku Batak di seluruh Indonesia jumlahnya bisa semakin banyak.

5. Suku Nias

Penduduk asli Suku Nias dikenal dengan sebutan Ono, dan pulau tempat mereka tinggal disebut Tano Niha. Suku ini banyak mendiami wilayah Sumatera Utara.   Namun mereka juga mendiami sebagian wilayah di Sumatera Barat, tepatnya di Kabupaten Pariaman. Di sana mereka ada sejak ratusan tahun lalu dan suda membaur dengan warga setempat. Meski begitu mereka tidak meninggalkan adat dan budaya asli, salah satunya adalah tradisi lompat batu.

6. Suku Anak Dalam

Suku Anak Dalam merupakan masyarakat minoritas di pulau Sumatera. Jumlahnya diperkirakan hanya berjumlah 200 ribu jiwa. Mereka dapat ditemui di Provinsi Jambi dan sebagian Sumatera Selatan. Sebutan lain untuk Suku Anak Dalam yakni Suku Kubu atau Orang Rimba. Ini karena mereka kebanyakan masih tinggal di dalam hutan dengan kehidupan yang masih sangat tradisional, jauh dari modernisasi.

7. Suku Talang Mamak

Suku Talang Mamak biasa disebut juga sebagai Orang Talang Mamak. Suku ini masih hidup secara tradisional di sepanjang hilir Sungai Indragiri, Riau.  Suku ini disebut-sebut sebagai suku yang pertama datang dan mendiami wilayah Indragiri Hulu. Bahasa yang mereka gunakan sehari-hari adalah bahasa Talang Mamak. Namun jika berkomunikasi dengan orang di luar suku, mereka menggunakan bahasa Melayu.

Sumber: Suara.com

Pariwisata

Terkini

Barang bukti narkoba ini disita dalam penindakan selama empat bulan terakhir di wilayah hukum Polda Sumut, dengan jumlah tersangka sebanyak 72 orang.

News | 13:59 WIB

Polemik antara karyawan Alfamart vs perempuan yang ambil cokelat tapi belum bayar berakhir dengan perdamaian.

News | 13:29 WIB

"Dibuktikan dengan 31 orang yang sukarela memilih masuk jurang," ungkap Sugeng.

News | 12:20 WIB

Bobby memanggil seorang anak kelas 1 SD ke atas panggung dan mengajaknya bermain tebak-tebakan.

News | 09:57 WIB

Hujan terjadi pada siang hingga malam hari.

News | 08:28 WIB

kegiatan ini untuk memberikan trauma healing terhadap para siswa, khususnya yang sekelas dengan korban.

News | 23:10 WIB

Hasil ini menjadi torehan positif tim Ayam Kinantang jelang kompetisi bergulir.

Bola | 22:45 WIB

Tampak pelaku seorang pria merayap dari atas tembok rumah korban. Aksi pelaku terekam kamera pengintai.

News | 20:21 WIB

Meski begitu, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam peristiwa kebakaran.

News | 19:37 WIB

Identitas pelaku terungkap setelah polisi melakukan olah TKP dan penyelidikan.

News | 19:20 WIB

Janji jari kelingking banyak dikenal di kalangan masyarakat luas, namun setiap negara memiliki arti yang berbeda.

Lifestyle | 17:57 WIB

Ketika berciuman, pria ternyata menginginkan pasangannya melakukan hal ini.

Lifestyle | 17:54 WIB

Mencegah banyaknya perselingkuhan, seksolog sarankan variasi posisi seks untuk suami istri.

Lifestyle | 17:51 WIB

Pengacara asal Nigeria ini menangani dan membantu para wanita yang putus cinta.

Lifestyle | 17:49 WIB

Manajemen Alfamart resmi menunjuk Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum pegawainya yang mendapatkan intimidasi dari konsumen yang mencuri cokelat.

News | 17:33 WIB
Tampilkan lebih banyak