Demam E-Commerce Bikin Pria Kini Lebih Sering Belanja Online Daripada Wanita?

Selain itu, secara total nilai transaksi, konsumen pria di angka 64 persen dan wanita hanya mencapai 36 persen.

Ananta Bangun
Rabu, 06 Juli 2022 | 14:30 WIB
Demam E-Commerce Bikin Pria Kini Lebih Sering Belanja Online Daripada Wanita?
pixabay

Deli.Suara.com - Kondisi pandemi yang dikawinkan dengan perkembangan era digital saat ini membuat masyarakat semakin fasih untuk berbelanja online. Hampir setiap masyarakat, baik tua maupun muda, perempuan atau laki-laki, sudah memiliki e-commerce yang layaknya menjadi “kantong ajaib” di smartphone masing-masing. Namun, 

Stigma berbelanja pada masyarakat selalu diidentikan sebagai hobi yang dilakukan oleh kaum wanita.  Apakah dengan adanya kemudahan berbelanja di era digital saat ini masih menjadikan kaum hawa sebagai konsumen yang mendominasi tren belanja online

Berdasarkan riset menunjukkan bahwa sepanjang 2021 pria ternyata lebih mendominasi transaksi e-commerce di Indonesia. 

Riset menunjukkan bahwa proporsi jumlah transaksi yang dilakukan oleh pria mencapai 62 persen dan wanita 38 persen.  Selain itu, secara total nilai transaksi, konsumen pria di angka 64 persen dan wanita hanya mencapai 36 persen. 

Baca Juga:Dijodohkan Netizen dengan Ayu Ting Ting, Jawaban Victor Agustino Mengejutkan, Gimana Perasaan Ivan Gunawan?

VP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari mengatakan, konsumen pria lebih mendominasi transaksi di e-commerce daripada perempuan menjadi tren yang terus berlanjut dari 2020 lalu, dengan angka persentase yang mengalami peningkatan. 

Sedangkan dari sisi kategori produk yang dibeli oleh konsumen laki-laki juga mengalami perubahan antara tahun ini dengan tahun sebelumnya. 

"Selain karena e-commerce yang sudah semakin menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat, kehadiran berbagai metode pembayaran digital seperti Paylater juga semakin memberikan kemudahan untuk membentuk kebiasaan berbelanja online," katanya, Rabu (6/7/2022).

Tren pria mendominasi transaksi e-commerce juga tidak hanya terlihat di Indonesia. Di Amerika Serikat, konsumen laki-laki juga lebih sering berbelanja online baik dalam kurun waktu harian maupun mingguan, sementara itu konsumen wanit cenderung berbelanja antara satu dan empat kali dalam sebulan. 

"Lebih banyak konsumen pria yang menyatakan bahwa pengeluaran belanja mereka meningkat selama Q1 2021 (32 persen di Walmart.com dan 38 persen di Amazon), jika dibandingkan dengan konsumen wanita (22 persen di Walmart.com dan 22 persen di Amazon)," katanya.

Baca Juga:Resmi Dilantik Mendagri, Pj Gubernur Aceh Diminta Fokus Program Pendidikan dan Kesehatan

Dari sisi produk, konsumen pria di Amerika Serikat juga mendominasi wanita dalam peningkatan pembelian di kategori alat kebersihan dengan 40 persen pria dan 33 wanita. 

"Serta kategori vitamin dan suplemen diet dengan 31 persen konsumen pria dan 24 persen perempuan. Hal tersebut juga menandakan bahwa kebiasaan berbelanja online tidak terpaku pada gender dan tidak lagi identik dengan kaum hawa," ujarnya.

Selain pria yang masih terus mendominasi transaksi di e-commerce, berikut beberapa temuan menarik lainnya terkait perilaku belanja online berdasarkan gender dari riset perilaku konsumen e-commerce Indonesia 2022.

Bisnis

Terkini

Pelaksanaan Sispamkota ini dimulai Sabtu (13/8/2022) malam hingga Minggu (14/8/2022) dinihari. Personel yang melaksanakan Sispamkota nantinya akan mobile di titik rawan kejahatan jalanan maupun geng motor di Medan.

News | 23:04 WIB

Mahasiswa yang terdiri dari PMII, GMNI, HMI, GMKI, dan IMM melakukan pembakaran lilin dan tabur bunga sebagai tanda telah berkabung atas matinya keadilan.

News | 22:30 WIB

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 338 Juncto 340 KUHPidana dengan ancaman hukuman pidana penjara seumur hidup atau mati.

News | 18:03 WIB

Aplikasi Lancang Kuning yang dimiliki Polda Sumut sudah dimodifikasi dengan sangat modern.

News | 17:31 WIB

Jenderal bintang dua ini menjadi tahanan Bareskrim Polri dan terancam hukuman mati atas sangkaan pembunuhan berencana.

News | 16:38 WIB

Diduga tidak pandai berenang, korban yang masuk ke sungai tiba-tiba langsung hanyut terseret arus dan hilang.

News | 15:38 WIB

Nantinya, Bharada E yang menjadi justice collaborator kasus pembunuhan Brigadir J akan mendapatkan penebalan dengan penempatan pengawalan selama 24 jam di Bareskrim Polri.

News | 15:00 WIB

Gus Fatah juga menyampaikan keduanya harus saling terbuka dan menyampaikan kebenaran sesungguhnya, termasuk mengakui jika memang ada sebuah rekayasa atau trik yang diluncurkan selama ini.

News | 13:18 WIB

"Atas dugaan intervensi pencabutan kuasa oleh Bharada E tersebut, LBH Medan Menilai Polri tidak profesional," ungkapnya.

News | 12:24 WIB

Hal ini seperti yang tampak pada CCTV yang beredar di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

News | 11:31 WIB

Bioskop di Medan sendiri menyajikan film menarik yang akan menghibur di akhir pekan.

Lifestyle | 09:52 WIB

Gol tunggal kemenangan Timnas Indonesia U-16 dalam laga ini dicetak oleh Muhammad Kafiatur di menit 45+1.

Bola | 08:49 WIB

Pelaku lalu diboyong ke Polsek Sunggal guna menjalani proses hukum lebih lanjut.

News | 08:31 WIB

Tidak ditemukannya tindak pidana, laporan istri Ferdy Sambo atas dugaan pelecehan seksual yang dilakukan almarhum Brigadir J dihentikan.

News | 23:15 WIB

Dalam Rapimnas 2022 Partai Gerindra, Prabowo nyatakan bersedia maju kembali dalam Pilpres 2024.

News | 23:12 WIB
Tampilkan lebih banyak