Sumut Dilanda Suhu Panas Sampai 36 Derajat Celsius, Begini Penjelasan BMKG

kondisi ini memicu terjadinya angin gunung yang kuat dan bersifat panas dan kering yang dikenal dengan angin Bahorok, khususnya di wilayah Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang, Simalungun dan Pematang Siantar.

Rozi Fati
Sabtu, 02 Juli 2022 | 19:34 WIB
Sumut Dilanda Suhu Panas Sampai 36 Derajat Celsius, Begini Penjelasan BMKG
Pixabay

Deli-Sejak penghujung akhir Juni hingga awal Juli 2022, wilayah Sumatera Utara (Sumut) dilanda suhu panas diiringi angin kencang yang bersifat panas dan kering.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan Darmawan menyampaikan, berdasarkan data pengamatan di stasiun BMKG di wilayah Sumut, pada Jumat (1/7/2022) tercatat suhu udara maksimum mencapai 36 derajat celcius dan kecepatan angin maksimum 33 Km/jam.

"Berdasarkan analisa pada 2 Juli pukul 07.00 WIB, terdapat Tropical Cyclone 'Chaba' di perairan Laut Cina Selatan bagian Utara yang menyebabkan wilayah Sumatera Utara dilalui angin baratan yang cukup kuat dan bersifat divergen (menyebar), sehingga menyebabkan pertumbuhan awan cukup sulit," ungkapnya, Sabtu (2/7/2022).

Lebih lanjut dia menjelaskan, kondisi ini memicu terjadinya angin gunung yang kuat dan bersifat panas dan kering yang dikenal dengan angin Bahorok, khususnya di wilayah Medan, Binjai, Langkat, Deli Serdang, Simalungun dan Pematang Siantar. Darmawan menerangkan, pantauan citra satelit Himawari-8 pada tanggal 2 Juli 2022 menunjukkan tidak ada pertumbuhan awan-awan dari pagi hingga sore hari.

Baca Juga:BMKG Kembali Peringatkan Potensi Hujan Lebat Weekday Hari Ini

"Sedangkan untuk kondisi suhu permukaan laut di wilayah Pantai Barat Sumatera dan Selat Malaka relatif cukup hangat berkisar antara 30 sampai 31 derajat celcius," jelasnya.

Kemudian, tutur Darmawan, berdasarkan pantauan udara atas, angin di lapisan 925 – 200 mb cukup kencang 3 –35 knot dan kelembapan udara cukup kering 22 – 86 %, sehingga pertumbuhan awan cukup sulit terbentuk di wilayah Sumatera Utara.

"Kondisi tersebut masih berpotensi terjadi hingga tiga hari ke depan sehingga masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan lebih hati-hati terhadap hal-hal yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan, mengurangi kegiatan di luar rumah, memperbanyak konsumsi air putih dan buah, serta menggunakan pelindung ketika beraktivitas di luar ruangan," pungkasnya.

News

Terkini

Pendukung fanatik Manchester United dibuat kecewa dengan hasil minor dan tren buruk yang berdampak keringnya prestasi klub.

Bola | 10:01 WIB

Pada hari Rabu ini kondisi cuaca umumnya cerah berawan, suhu udara juga terasa lebih panas.

News | 08:31 WIB

Putri Candrawathi, istri Ferdy Sambo sudah mengikuti proses pemeriksaan di Komnas Perempuan dan Mako Brimob.

News | 22:17 WIB

Sepatu hingga baju milik eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo disita oleh personel Korps Brimob terkait kasus penembakan Brigadir J.

News | 21:53 WIB

Meskipun eks Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo sudah ditetapkan sebagai tersangka namun belum ada keterangan resmi terkait motif penembakan Brigadir J.

News | 21:34 WIB

Di dalam peraturan itu juga terdapat mekanisme dan kriteria tentang pendaftaran dan perdagangan kripto yang baru.

News | 21:27 WIB

Pelaku bentrok yang melakukan penganiayaan, maupun perusakan dalam pengejaran.

News | 21:22 WIB

Ditetapkannya Ferdy Sambo sebagai tersangka membuat kuasa hukumnya harus menyiapkan langkah hukum.

News | 21:11 WIB

Olisa mengaku senang dapat bergabung dengan PSDS. Dirinya menyatakan sudah lama tahu tentang PSDS.

Bola | 20:58 WIB

Satu dari tiga perwira tinggi tersebut adalah Irjen Ferdy Sambo, yang ditetapkan sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J.

News | 20:32 WIB

Patroli yang digelar melibatkan beberapa satuan tersebut dilakukan menyusul aksi segerombolan geng motor yang mengacung-acungkan klewang dan clurit, beberapa hari lalu.

News | 20:29 WIB

Kapolsek menyampaikan, pelaku saat diinterogasi mengakui perbuatannya.

News | 20:14 WIB

Jika tidak membayar pajak kendaraan bermotor selama 5 ditambah 2 tahun, maka diberikan sanksi berupa kendaraan bermotor akan ditarik.

News | 19:59 WIB

Ferdy Sambo menggunakan senjata milik Brigadir J untuk menembak dinding-dinding di sekitar lokasi kejadian.

News | 19:43 WIB

ada upaya penghalangan dan rekayasa dalam kasus ini yang dilakukan atas perintah oknum Polri.

News | 19:17 WIB
Tampilkan lebih banyak