Sumut Bakal Sulit Tarik Investor Bila Perizinan Masih Dipersulit

masih banyak aparat yang melakukan perlambatan untuk memberi peluang dan kemudahan di sektor fiskal dan non fiskal, sehingga tidak menarik perhatian investor untuk berinvestasi

Rozi Fati
Rabu, 29 Juni 2022 | 15:43 WIB
Sumut Bakal Sulit Tarik Investor Bila Perizinan Masih Dipersulit
Pixabay

Deli-PJ Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Afifi Lubis menyebutkan akan sulit menarik investor ke Sumut bila birokrasi belum memberikan peluang dan kemudahan dalam proses perizinan.

Menurutnya, masih banyak aparat yang melakukan perlambatan untuk memberi peluang dan kemudahan di sektor fiskal dan non fiskal, sehingga tidak menarik perhatian investor untuk berinvestasi.

“Menarik investor sulit, apa iya?. Jawabnya sulit. Kalau gayanya masih mempersulit,” katanya, Rabu (29/6/2022)
 
Afifi menjelaskan bahwa salah satu faktor yang menjadi kunci menarik investor agar  berinvestasi ke Sumut adalah pemberian kemudahan di semua sisi. Untuk itu, dia meminta seluruh pihak untuk meninggalkan sistem birokrasi yang mempersulit investasi di Sumut.

“Jangan dipersulit, itu kunci utamanya. Kita harus mempunyai komitmen yang sama. Gaya kampungan itu (birokrasi perizinan yang mempersulit) harus jauh kita tinggalkan,” katanya.

Baca Juga:Lolos Dari Kebangkrutan, Wamen BUMN Bocorkan Dua Calon Investor Baru Garuda Indonesia

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut Ibrahim menyampaikan, North Sumatera Invest telah mengumpulkan dan menyeleksi berbagai proposal investasi yang diajukan Pemerintah 33 Kabupaten/Kota se-Sumut untuk selanjutnya proposal tersebut akan dipetakan dan diluncurkan pada Oktober 2022 mendatang.

“Harapannya, mapping project ini bisa menjadi yang pertama di Indonesia dan akan diluncurkan sekitar Oktober. Sehingga para investor bisa tahu ada banyak sekali potensi investasi di Sumatera Utara,” katanya.

Ibrahim juga menyampaikan, perekonomian Sumut masih dalam masa recovery, dengan catatan realisasi investasi pada triwulan pertama sebesar Rp9,52 triliun, atau tumbuh relatif tidak signifikan 44% dibanding tahun lalu (yoy).

"Artinya realisasi investasi di Provinsi Sumut telah mencapai sekitar 20% dari yang ditargetkan Pemerintah Pusat pada tahun 2022, yaitu Rp48,70 triliun," terangnya.

Perwakilan Direktur Departemen Internasional Bank Indonesia Rosita Dewi menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik antara Bank Indonesia dan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota se-Sumut, hingga pemetaan investasi dapat terwujud.

"Penjaringan dan pemetaan proyek strategis peluang investasi yang dilakukan Provinsi Sumatera Utara adalah langkah positif untuk mendorong investasi di daerah," tandasnya. 

Bisnis

Terkini

Presiden Jokowi untuk kesekian kalinya memerintahkan usut tuntas kasus kematian Brigadir J agar tidak terjadi penurunan kepercayaan masyarakat atas institusi Polri.

News | 15:01 WIB

Dengan omzet ditaksir mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah.

News | 10:21 WIB

Kasus ini akan segera terang benderang setelah Polri mengumumkan adanya tersangka baru, hari ini.

News | 09:34 WIB

Tersangka baru dalam kasus kematian Brigadir J akan diumumkan langsung oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri.

News | 09:22 WIB

Uraian pekerjaan yakni rabas-rabas pohon pemeliharaan dan penggantian komponen JTM. Waktu pelaksanaan mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

News | 08:36 WIB

Bharada E mengeluarkan pengakuan yang berbeda dari sebelumnya dalam kasus kematian Brigadir J. Dimana tidak ada aksi baku tembak dan ada perintah dari atasan.

News | 08:14 WIB

Suhu udara berkisar 33 derajat celcius dengan kecepatan angin maksimum 30 km/jam.

News | 07:38 WIB

Publik menanti apakah tersangka baru ini aktor intelektual pembunuhan atau tidak.

News | 22:49 WIB

Panca mengatakan Polda Sumut masih tertinggal dibidang menindaklanjuti pemekaran organisasi.

News | 19:20 WIB

Bukit Gundaling merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan Gunung Sibayak dan juga Gunung Sinabung serta keindahan kota Berastagi.

Pariwisata | 18:31 WIB

Akan tetapi dengan kerja keras, konsisten, semangat dan terus belajar akan menghasilkan bisnis yang berkembang dengan keuntungan yang terus meningkat.

Lifestyle | 18:22 WIB

Kedua pelaku pembakaran hutan itu sudah ditahan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

News | 17:44 WIB

Sekda mengatakan Dewi hanya dirotasi atau dipindah tugaskan dari camat ke Satpol PP Kota Payakumbuh dengan eselon yang masih sama, yakni eselon III a.

News | 16:49 WIB

Denise datang dengan mengenakan topi, dan stelan terang berwarna oranye. Ia menumpangi mobil Toyota Alphard warna hitam.

News | 15:01 WIB

Kementerian Luar Negeri dari beberapa negara muslim di dunia mengutuk serangan Israel ke kompleks masjid Al Aqsa disaat masyarakat akan melaksanakan ibadah.

News | 14:44 WIB
Tampilkan lebih banyak