ETLE Statis dan ETLE Mobile Siap Beroperasi di Kota Medan, Parkir Liar Bakal Ditertibkan

Selain itu, sistem ETLE ini juga akan digunakan dan dimanfaatkan untuk menertibkan parkir liar dengan mengelaborasi dan memadukan ETLE - E-Parking.

Rozi Fati
Senin, 27 Juni 2022 | 12:07 WIB
ETLE Statis dan ETLE Mobile Siap Beroperasi di Kota Medan, Parkir Liar Bakal Ditertibkan
Pixabay

Deli-Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumatera Utara (Sumut), Kombes Pol Indra Darmawan Iriyanto mengakui, pihaknya siap bekerjasama dan berkolaborasi dengan Pemko Medan dalam hal peningkatan Pendapatan Asal Daerah (PAD) maupun penegakan hukum di bidang lalu lintas.

Karenanya Indra menyatakan, dengan diberlakukannya penegakan hukum sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional di Medan ini dapat meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotor (ranmor) dan kesadaran tertib berlalu lintas.

"Kami siap memberlakukan dan mengoperasionalkan ETLE Statis dan ETLE Mobile di kota Medan, serta menyambut baik dan mengapresiasi inisiasi Walikota Medan Bobby Nasution yang siap bekerjasama dan berkolaborasi dengan Ditlantas Polda Sumut untuk mengoptimalkan potensi penerimaan pendapatan daerah dengan memanfaatkan teknologi digital," ungkapnya, Senin (27/6/2022). 

Seperti diketahui, untuk mewujudkan tertib pajak dan tertib berlalu lintas di kota Medan, Bobby Nasution siap mendukung dan membantu terlaksananya penerapan tilang elektronik di wilayahnya. Tahap awal partisipasi yang diberikan adalah membantu 10 kamera ETLE untuk dioperasikan di titik-titik rawan kecelakaan lalu lintas dan rawan kejahatan.

Baca Juga:Dapat Dukungan Bobby Nasution, Korlantas Polri Perluas Penerapan ETLE di Medan

Selain itu, sistem ETLE ini juga akan digunakan dan dimanfaatkan untuk menertibkan parkir liar dengan mengelaborasi dan memadukan ETLE - E-Parking. Menurut Indra, ide Walikota Medan tersebut perlu didukung penuh karena penertiban parkir liar akan berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan daerah dan terjaganya keamanan, keselamatan, ketertiban, serta kelancaran berlalu lintas (kamseltibcarlantas).

Lebih lanjut Indra menuturkan, bahwa dampak parkir liar yang dilakukan di badan jalan akan menimbulkan terjadinya penyempitan ruang jalan lalu lintas yang berdampak pada pengurangan kecepatan laju kendaraan dan mengakibatkan kemacetan, sehingga akan merugikan banyak pengguna jalan.

"Di samping itu, parkir liar atau parkir  sembarangan akan berakibat membahayakan keselamatan dan kenyamanan seluruh pengguna jalan," imbuhnya.

Sedangkan dampak positif penertiban parkir liar, sambung Indra juga akan meningkatkan PAD. Menurutnya, ini salah satu unsur penting dimana PAD merupakan salah satu bukti komitmen pemerintah untuk menjalankan sistem ekonomi pemerintahan secara terdesentralisasi, apalagi saat ini, PAD menurun akibat pandemi Covid-19.

"Untuk itu, salah satu upaya yang dapat di tempuh pemerintah daerah untuk meningkatkan PAD, sepenuhnya tergantung sejauh mana kreatifitas daerah untuk memanfaatkan potensi yang ada di daerahnya. Kami siap membantu berkolaborasi dengan sistem ETLE," pungkasnya.

Baca Juga:CATAT! Selama Operasi Patuh 2022 Pada 13-26 Juni 2022 Polisi Tidak Tilang Manual, Tapi Lewat ETLE dan Mobile

Sementara itu, Kasubdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri, Kombes Pol I Made Agus Prasatya berharap dengan penerapan ETLE, baik statis, portabel maupun mobile, jajaran Ditlantas Polda di seluruh Indonesia juga menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah, khususnya dalam hal pengadaan peralatan yang dibutuhkan. 

"Ini penting mengingat dengan adanya ETLE, pemerintah daerah juga akan mendapatkan dampak positif, berupa pengoptimalan potensi penerimaan daerah dari pajak kendaraan bermotor," ujarnya. 

Sebelumnya, untuk menunjang penerapan ETLE Mobile di Medan Subdit Dakgar Ditgakkum Korlantas Polri telah memberikan pelatihan kepada personel Ditlantas Polda Sumut terkait dasar hukum dan tata cara penggunaan ETLE Mobile menggunakan handphone.

Karenanya, dengan beroperasinya ETLE Mobile, Ditlantas Polda Sumut siap melaksanakan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, khususnya di wilayah operasional kota Medan guna mendukung secara khusus kegiatan E-Parking dan ketertiban kota Medan.

News

Terkini

Keintiman dalam berhubungan suami istri menjadi hal penting yang dapat meningkatkan hubungan suami istri semakin harmonis.

Lifestyle | 20:55 WIB

Terkait kasus penembakan Brigadir J yang dilakukan Ferdy Sambo motifnya akan diungkap sejelas-jelasnya oleh Polri.

News | 18:54 WIB

Putri Chandrawati bisa terseret dalam kasus kematian Brigadir J terkait membuat laporan palsu atau menyebarkan informasi bohong.

News | 18:51 WIB

Pandemi Covid-19 masih belum selesai, hari ini pasien positif kembali bertambah di Indonesia.

News | 17:57 WIB

Putri Chandrawati yang merupakan istri Ferdy Sambo ada di dalam rumah saat proses penggeledahan berlangsung di Jalan Saguling 3, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

News | 17:49 WIB

LPSK menilai istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawati tidak kooperatif saat dimintai keterangan terkait kasus yang melibatkannya.

News | 17:45 WIB

Permintaan perlindungan ini disampaikan orangtua Bharada E lewat surat terbuka dan menjadi viral di media sosial (medsos).

News | 16:46 WIB

Anggota Komisi Hukum DPR RI meminta masyarakat bersabar menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut terkait kasus kematian Brigadir J.

News | 16:24 WIB

Golongan pangkat Polri sendiri terbagi menjadi tiga, dari tinggi ke rendah, yakni Perwira, Bintara, hingga Tamtama

News | 16:13 WIB

Usai membunuh korban dihadapan guru dan murid, pelaku kemudian kabur meninggalkan lokasi.

News | 15:19 WIB

"Tidak ada ruang bagi kekerasan dan pelecehan di seluruh lingkungan kerja Pemprov DKI Jakarta, dan hukumannya adalah pemecatan seketika dan diserahkan kepada pihak berwajib," ujar Anies.

News | 14:50 WIB

Korban hanyut saat asyik mandi-mandi.

News | 13:08 WIB

Terjadi penumpukan massa yang berunjuk di kantor Wali Kota Medan dan DPRD Sumut sehingga menyebabkan arus lalu lintas di lokasi mengalami kemacetan.

News | 12:28 WIB

Pemblokiran beberapa platform digital dinilai berdampak langsung pada ekonomi digital.

News | 11:13 WIB

Staf Kapolri Bidang Komunikasi Publik, Fahmi Alamsyah diduga membantu Ferdy Sambo dalam merekayasa kasus kematian Brigadir J.

News | 11:01 WIB
Tampilkan lebih banyak