Arab Saudi Laporkan Kasus Baru Covid-19, Jemaah Calon Haji Indonesia Diminta Waspada

Kemenkes Arab Saudi juga merilis, kasus Covid-19 terbesar terjadi di Riyadh dengan jumlah 363 orang disusul Jeddah 137 orang, Dammam 68 orang dan Hofuf 47 orang. Beberapa kota lain di Arab Saudi juga dilaporkan munculnya kasus baru, walau ata-rata jumlahnya tidak lebih dari 30 kasus

Rozi Fati
Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:19 WIB
Arab Saudi Laporkan Kasus Baru Covid-19, Jemaah Calon Haji Indonesia Diminta Waspada
IST

Deli-Meski pemerintahan Arab Saudi telah membuka pintu bagi negara lain untuk mengikuti ibadah haji tahun 2022, namun pandemi Covid-19 belum sepenuhnya bebas.

Sebab, dilaporkan sebanyak 927 kasus baru Covid-19 di negara ini, sehingga perlu diwaspadai khususnya jamaah calon haji yang sudah tiba di Tanah Suci.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Arab Saudi juga merilis, kasus Covid-19 terbesar terjadi di Riyadh dengan jumlah 363 orang disusul Jeddah 137 orang, Dammam 68 orang dan Hofuf 47 orang. Beberapa kota lain di Arab Saudi juga dilaporkan munculnya kasus baru, walau ata-rata jumlahnya tidak lebih dari 30 kasus.

"Sebanyak 1.004 pasien juga berhasil disembuhkan. Dengan demikian sejak pandemi ada 771.081 pasien yang sudah sembuh," ungkap Tim Promosi Kesehatan (Promkes) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dr Aris Yudhariansyah mengutip keterangan resmi Kemenkes Saudi, Sabtu (25/6/2022).

Baca Juga:Sempat Larang Warga Bepergian Gegara Covid-19, Arab Saudi Akhirnya Cabut Aturan Travel Ban ke Indonesia

Aris mengatakan, untuk mengendalikan kasus ini agar tidak terus meningkat, Kemenkes Saudi juga tak henti menggencarkan vaksinasi. Sejak kampanye vaksinasi digencarkan, tercatat ada hampir 67 juta dosis yang telah disebar ke berbagai provinsi dan sekitar 25 juta penduduk Saudi sudah mendapatkan vaksinasi lengkap.

Untuk itu, menyikapi kondisi tersebut, Aris yang juga Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengimbau jamaah Indonesia untuk waspada dan menjaga baik kesehatannya. Bahkan, sambung Aris, PPIH juga telah menerbitkan surat edaran pada 22 Juni lalu yang ditujukan kepada petugas untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Kami minta petugas untuk selalu memakai masker menyusul peningkatan kasus Covid di Saudi dalam beberapa hari terakhir,” jelasnya.

Selain itu, Aris juga meminta petugas untuk menggiatkan sosialisasi pentingnya menjaga protokol kesehatan kepada seluruh jamaah.

"Kita mengajak jamaah untuk selalu memakai masker baik ketika berada di dalam ruang tertutup maupun terbuka. Selain bisa mencegah dari paparan Covid-19, masker juga sangat efektif membendung debu dan panas menembus hidung," tuturnya.

Baca Juga:Cabut Pembatasan Covid-19, Arab Saudi Izinkan Warganya Ibadah Di Masjid Tanpa Jaga Jarak

Karena menurut Aris, bagi jamaah Indonesia, panas di Saudi saat ini terbilang ekstrim, bahkan bisa mencapai 46 derajat Celcius. Jika hal ini tidak diantisipasi dengan baik, dikhawatirkan dapat berpotensi mengganggu kesehatan yang berdampak ke aktivitas ibadah.

“Walaupun Saudi sudah bisa dikatakan agak melonggarkan prokes di ruang terbuka, kita meminta tetap menggunakan masker baik di ruang terbuka atau tertutup. Upaya ini kita lakukan sebagai antisipasi agar tidak ada satu pun jamaah Indonesia terpapar,” pungkasnya.

News

Terkini

Pemerintah Indonesia diminta untuk menggandeng BUMN dan swasta dalam membantu ketahanan pangan.

Bisnis | 18:24 WIB

Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR menuai banyak apresiasi.

News | 17:03 WIB

Dan sayangnya kondisi daya beli masyarakat kita benar-benar terpukul.

Bisnis | 16:34 WIB

Penangkapan oknum polisi itu merupakan pengembangan dari Operasi Anti Gedek di sejumlah tempat hiburan malam pada 30 hingga 31 Juli 2022.

News | 16:30 WIB

DPR RI bantah terima uang dari Ferdy Sambo sebagai aksi suap mendiamkan kasus pembunuhan Brigadir J.

News | 16:14 WIB

Diketahui, mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka utama kasus pembunuhan Brigadir J.

News | 15:33 WIB

Ia menerangkan tugu itu dulunya kecil sebagai tanda titik nol Kota Medan, bukan seperti bangunan yang ada saat ini.

News | 15:27 WIB

Barang bukti narkoba ini disita dalam penindakan selama empat bulan terakhir di wilayah hukum Polda Sumut, dengan jumlah tersangka sebanyak 72 orang.

News | 13:59 WIB

Polemik antara karyawan Alfamart vs perempuan yang ambil cokelat tapi belum bayar berakhir dengan perdamaian.

News | 13:29 WIB

"Dibuktikan dengan 31 orang yang sukarela memilih masuk jurang," ungkap Sugeng.

News | 12:20 WIB

Bobby memanggil seorang anak kelas 1 SD ke atas panggung dan mengajaknya bermain tebak-tebakan.

News | 09:57 WIB

Hujan terjadi pada siang hingga malam hari.

News | 08:28 WIB

kegiatan ini untuk memberikan trauma healing terhadap para siswa, khususnya yang sekelas dengan korban.

News | 23:10 WIB

Hasil ini menjadi torehan positif tim Ayam Kinantang jelang kompetisi bergulir.

Bola | 22:45 WIB

Tampak pelaku seorang pria merayap dari atas tembok rumah korban. Aksi pelaku terekam kamera pengintai.

News | 20:21 WIB
Tampilkan lebih banyak