Saat Peternak Resah karena LSD dan PMK, Di Mendos Viral Video Sapi Diangkut dengan Cara Sadis

Diduga terjadi di Kalimantan

Sadaiwan Ahmad
Kamis, 16 Juni 2022 | 16:02 WIB
Saat Peternak Resah karena LSD dan PMK, Di Mendos Viral Video Sapi Diangkut dengan Cara Sadis
Ist.

Deli - Soal sapi saat ini sedang ramai jadi perbincangan. Bukan soal penyakit lumpy skin diseases (LSD) yang menyerang pada kulit sapi maupun penyakit mulut dan kuku (PMK).

Bukan pula soal peternak yang resah karena penjualan sapinya turun akibat kedua penyakit itu. Mata publik dikejutkan dengan viralnya video pengangkutan sapi-sapi dari kapal ke truk menggunakan katrol.

Cara itu disebut sadis karena terdapat unsur penyiksaan. Video itu viral di Instagram. Akun tersebut menulis keterangan dengan peringatan bahwa videonya mengandung gambar yang dapat mengganggu.

'Viral! Video Angkut Sapi Ternak 'Sadis' di Pelabuhan Diduga di Samarinda. Terlihat video pengangkutan sapi ternak dengan cara yang sadis di pelabuhan.

Ternak-ternak itu diangkut dengan cara diikat kepalanya dan diangkat menggunakan crane kapal menuju truk pengangkut.'

Metode pengangkutan ternak dalam video viral ini disebut-sebut tidak memenuhi ketentuan perundangan di UU Peternakan.

Saat ini belum jelas di mana dan kapan kejadian dalam video itu terjadi. Kasus ini sedang ditindaklanjuti. Bersama dengan Ditjend Teknis yang membidangi hal ini akan tindaklanjuti dan berupaya menelusiri kejadian yang sebenarnya.' 

Terdengar di video itu, 'Coba lihat. Sapinya diangkat. Astaghfirullah. Sapi diangkat. Ngeri. Terlihat jelas kapal lokasi itu berada di pelabuhan.

Tampak sejumlah orang berdiri kapal dan seperti berbicara dengan seseorang di bawah. Saat di gantungan, kaki-kaki sapi itu seperti meronta-ronta sampai akhirnya diturunkan di bak truk. 

Video itu tayang hingga lebih dari 66 ribu kali dengan dengan 3.769 'Like' dan lebih dari 600 komentar. Akun @axelleo mengomentari, 'Gampang sih di lacak kalau @kementrianpertanian benar" mau usut. Setelah aku zoom tu plat mobilnya: KT 8786 BT setelah aku googling DR KT itu masuk Kalimantan Timur. Tinggal masuk ke kepolisian lacak DRnya tak ketemu identitas. Yok semangat @kementrianbumn'

Akun bercentang biru, @canro.simarmata menyebut 'Sadis amat caranya'. Begitupun akun @senja_ menulis 'Sarap' dengan emoticon menangis.

Akun @melisa mengatakan, 'Ujung2nya mereka akan disembelih dan dikonsumsi, tapi nggak gitu juga memperlakukannya'.

Komentar lain menyebut bahwa cara pengangkutan itu tidak sesuai standar dan keselamatan, kenyamanan yang dirasakan oleh ternak, dikomentari @serenem. 

News

Terkini

Suhu udara berkisar 33 derajat celcius dengan kecepatan angin maksimum 30 km/jam.

News | 07:38 WIB

Publik menanti apakah tersangka baru ini aktor intelektual pembunuhan atau tidak.

News | 22:49 WIB

Panca mengatakan Polda Sumut masih tertinggal dibidang menindaklanjuti pemekaran organisasi.

News | 19:20 WIB

Bukit Gundaling merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan Gunung Sibayak dan juga Gunung Sinabung serta keindahan kota Berastagi.

Pariwisata | 18:31 WIB

Akan tetapi dengan kerja keras, konsisten, semangat dan terus belajar akan menghasilkan bisnis yang berkembang dengan keuntungan yang terus meningkat.

Lifestyle | 18:22 WIB

Kedua pelaku pembakaran hutan itu sudah ditahan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

News | 17:44 WIB

Sekda mengatakan Dewi hanya dirotasi atau dipindah tugaskan dari camat ke Satpol PP Kota Payakumbuh dengan eselon yang masih sama, yakni eselon III a.

News | 16:49 WIB

Denise datang dengan mengenakan topi, dan stelan terang berwarna oranye. Ia menumpangi mobil Toyota Alphard warna hitam.

News | 15:01 WIB

Kementerian Luar Negeri dari beberapa negara muslim di dunia mengutuk serangan Israel ke kompleks masjid Al Aqsa disaat masyarakat akan melaksanakan ibadah.

News | 14:44 WIB

Ia mengaku hanya berniat membuat konten, tanpa maksud melanggar norma-norma agama atau adat istiadat setempat.

Lifestyle | 14:17 WIB

Hotspot merupakan suatu area yang memiliki suhu lebih tinggi dibandingkan dengan sekitarnya yang dapat deteksi oleh satelit.

News | 13:15 WIB

Komnas HAM mengagendakan pemeriksaan ulang Bharada E terkait pendalaman alat bukti kasus kematian Brigadir J.

News | 12:49 WIB

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) akan memeriksa psikologis istri Ferdy Sambo terkait kasus pelecehan seksual.

News | 12:46 WIB

Mereka mengimbau semua pihak untuk mempercayakan kasus ini kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, agar dapat menyelesaikan kasus ini dengan profesional.

News | 12:21 WIB

Mereka berkonvoi secara ugal-ugalan menakuti dan merampas secara paksa kendaraan roda dua milik warga.

News | 11:38 WIB
Tampilkan lebih banyak