Mantan Aktivis Dukung Dadang Darmawan & Sahat Simatupang Maju di Pilkada Sumut 2024

Pane mengatakan, rekannya sesama mantan aktivis HMI memang menginginkan, Gubernur Sumut 2024 mendatang bukan bagian tangan kelompok oligarki dan kaum intoleran. Karena itu, ujar Pane, pilihan kelompok nasionalis tengah jatuh pada Dadang Darmawan berpasangan dengan aktivis 98 Sahat Simatupang

Rozi Fati
Rabu, 08 Juni 2022 | 13:20 WIB
Mantan Aktivis Dukung Dadang Darmawan & Sahat Simatupang Maju di Pilkada Sumut 2024
Mantan Aktivis Dukung Dadang Darmawan & Sahat Simatupang Maju di Pilkada Sumut 2024

Deli-Salah satu mantan aktivis yang juga mantan pengurus Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara (Sumut) periode 1997 - 1999 Ihutan Pane menyatakan dukungan kepada mantan Ketua Umum Badko HMI Sumut H Dadang Darmawan dan Ketua Majelis Nasional Perhimpunan Pergerakan 98 Sahat Simatupang maju pada kontestasi pemilihan Gubernur Sumut dan Wakil Gubernur Sumut periode 2024 - 2029 pada 27 November 2024 mendatang.

Ihutan Pane mengatakan, latar belakang dirinya mendukung Dadang Darmawan karena melihat potensi pada diri Dadang sejak masih aktif di HMI Sumut 26 tahun lalu. Kemudian Dadang, sambungnya, memiliki wawasan luas dan leadership yang kuat serta jaringan ke pemerintah pusat.

"Apalagi Dadang saat ini dosen ilmu politik yang tergabung dalam alumni USU. Dia pernah calon anggota Dewan Perwakilan Daerah atau DPD pada pemilihan 2019 lalu dengan tembus 10 besar peraih suara terbanyak calon DPD dengan 238.030 suara. Dadang juga aktif di organisasi Gerakan Pembumian Pancasila sebagai perpanjangan tangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila," ungkapnya, Rabu (8/6/2022).

Dukungan kepada Dadang, jelas Ihutan Pane terungkap usai peluncuran dan bedah buku berjudul Ramli karya salah satu karyawan PTPN III di Kantor Pusat PTPN III Jalan Sei Batang Hari Medan, pada Jumat (3/6/2022), yang juga dihadiri puluhan Asisten Personalia Kebun PTPN III dan mantan Bupati Kabupaten Serdang Bedagai Soekirman.

"Saudara Dadang dan Sahat Simatupang menjadi pembicara diacara peluncuran dan bedah buku tersebut." ujar Pane.

Pane mengatakan, rekannya sesama mantan aktivis HMI memang menginginkan, Gubernur Sumut 2024 mendatang bukan bagian tangan kelompok oligarki dan kaum intoleran. Karena itu, ujar Pane, pilihan kelompok nasionalis tengah jatuh pada Dadang Darmawan berpasangan dengan aktivis 98 Sahat Simatupang yang terkenal profesional sebagai jurnalis Tempo dan pernah menjadi Komisaris BUMD Sumut PT Dhirga Surya.

"Saudara Sahat kami kenal sebagai seorang jurnalis yang membongkar berbagai kasus korupsi di Sumut melibatkan gubernur, bupati dan walikota. Dukungan kepada Sahat kuat dan mengakar karena dia salah satu kader HKBP terbaik dan pernah menjabat Anggota Komite Aset HKBP," imbuhnya.

Oleh karena itu dia melanjutkan, dirinya dan kawan-kawannya sesama mantan aktivis HMI akan mengumpulkan sebanyak mungkin foto copy KTP warga Sumut sebagai syarat dukungan calon independen. "Kami juga berusaha melobi partai politik agar bersedia mencalonkan pasangan Dadang Darmawan dan Sahat Simatupang untuk Pilgub Sumut 2024 nanti," tandasnya.

Sementara itu, Sahat Simatupang yang dikonfirmasi tidak menampik dukungan dari mantan aktivis kampus termasuk HMI dan aktivis 98 serta warga dan jemaat muda HKBP untuk dirinya. Namun Sahat mengatakan, masih mempertimbangkan dukungan itu, karena menurut dia, diperlukan gotong royong untuk perhelatan besar bernama Pilkada walau telah mendapatkan kepercayaan dari sesama aktivis untuk maju pada Pilkada Sumut 2024 nanti.

Ia juga mengaku, memahami kegelisahan kawan-kawannya sesama aktivis terhadap kecenderungan menguatnya intoleransi yang justru bertolak belakang dari adat dan adab sesama anak bangsa yang dipersatukan oleh Pancasila dan warisan budaya leluhur suku-suku di Sumut.

"Saya memahami kegelisahan kawan-kawan terhadap provinsi yang kita cintai ini yakni Sumut. Saya juga memahami kegelisahan kawan-kawan atas menguatnya cengkaraman tangan oligarki yang menguasai ekonomi, politik hingga mengendalikan hukum," ucapnya.

News

Terkini

Pemerintah Indonesia diminta untuk menggandeng BUMN dan swasta dalam membantu ketahanan pangan.

Bisnis | 18:24 WIB

Kamaruddin Simanjuntak, kuasa hukum keluarga Brigadir J minta Putri Candrawathi segera ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan berencana.

News | 17:25 WIB

Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia relatif terkendali, namun PPKM di Jawa-Bali justru diperpanjang.

News | 17:06 WIB

Pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR menuai banyak apresiasi.

News | 17:03 WIB

Dan sayangnya kondisi daya beli masyarakat kita benar-benar terpukul.

Bisnis | 16:34 WIB

Penangkapan oknum polisi itu merupakan pengembangan dari Operasi Anti Gedek di sejumlah tempat hiburan malam pada 30 hingga 31 Juli 2022.

News | 16:30 WIB

DPR RI bantah terima uang dari Ferdy Sambo sebagai aksi suap mendiamkan kasus pembunuhan Brigadir J.

News | 16:14 WIB

Diketahui, mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo menjadi tersangka utama kasus pembunuhan Brigadir J.

News | 15:33 WIB

Ia menerangkan tugu itu dulunya kecil sebagai tanda titik nol Kota Medan, bukan seperti bangunan yang ada saat ini.

News | 15:27 WIB

Barang bukti narkoba ini disita dalam penindakan selama empat bulan terakhir di wilayah hukum Polda Sumut, dengan jumlah tersangka sebanyak 72 orang.

News | 13:59 WIB

Polemik antara karyawan Alfamart vs perempuan yang ambil cokelat tapi belum bayar berakhir dengan perdamaian.

News | 13:29 WIB

"Dibuktikan dengan 31 orang yang sukarela memilih masuk jurang," ungkap Sugeng.

News | 12:20 WIB

Bobby memanggil seorang anak kelas 1 SD ke atas panggung dan mengajaknya bermain tebak-tebakan.

News | 09:57 WIB

Hujan terjadi pada siang hingga malam hari.

News | 08:28 WIB

kegiatan ini untuk memberikan trauma healing terhadap para siswa, khususnya yang sekelas dengan korban.

News | 23:10 WIB
Tampilkan lebih banyak